Edisi Februari 2010

No. 39 Tahun IV


Selamat Tahun Baru Imlek 2561 Semoga Kekuatan Tahun Macan Mendatangkan Kesejahteraan Untuk Kita Semua

** Kabhar Madhura mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2561 ** Selamat Tahun Baru 2010 ** Selamat Tahun Baru 1431 H Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan memberikan kebahagiaan dunia akherat..... **

KOMPAS/ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Pembeli memilih batik di salah satu sudut Pasar Tujuh Belas Agustus, pasar tradisional batik khas madura di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (7/2). Setelah Jembatan Suramadu beroperasi, bisnis batik di Madura meningkat pesat.

Cover Stories

Hitting Bull's Eye with Balsam
The Sonok bull has become quite a cash cow for Madura locals over the years. A rub of balsam up its anus and into its eyes before racing the beast almost certainly guarantees a hefty prize.

Membedah Kekuatan dan Peluang
Calon Wakil Bupati Sumenep

Padahal sosok cawabup merupakan figur penting dalam meningkatan elektabilitas, popularitas dan sangat berpengaruh pada kemenangan. Kelebihan figur cawabup bisa menutupi kelemahan cabup yang akan diusung. Bahkan kadang cawabup bisa menjadi penentu kemenangan pada Pilkada.

Bangkit Bersama Menuai Prestasi
Pemerintah Kabupaten Pamekasan memiliki berbagai program terobosan pembangunan yang berkelanjutan dan saling menunjang menuju kemajuan daerah.

Optimalisasi dan Singkronisasi
Potensi Tiga Kawasan

Dalam menjalankan program organisasi lima tahun ke depan Kadin Pamekasan akan berpijak pada dua landasan yakni antisipasi arus industrialisasi pasca dioperasikannya jembatan Suramadu dengan upaya menggairahkan iklim investasi dan memberdayakan ekonomi lokal berbasis potensi dan ketersediaan sumberdaya lokal.

Blueprint Rampung Akhir 2010
Sudah enam bulan dibentuk, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) hingga kini belum punya blueprint (cetak biru) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bernama Madura Industrial Estate Sea Port City. Investasi dari luar negeri maupun lokal pun jalan di tempat.

Memasok Kebutuhan Daging Nasional
Kawin silang dengan memadukan antara sapi Madura dengan sapi Limusin ini ternyata menghasilkan sebuah kejutan baru bagi upaya peningkatan persediaan sapi potong. Bobot lahir meningkat, bobot sapih meningkat, dan pertumbuhan bobot badan juga meningkat. Dengan upaya ini, status Madura sebagai gudang ternak sapi potong yang berkualitas untuk menuhi kebutuhan regional dan nasional akan tetap bertahan.

Menuju Pilkada Sumenep 2010-2015
Namun sampai saat ini belum terlihat calon-calon yang melakukan gebrakan signifikan. Terutama dalam rangka meraih simpati dukungan masyarakat luas.

Pencitraan Masyarakat Madura Swasta
Bahkan, di bagian timur pulau Jawa, masyarakat Madura mendominasi dan membentuk komunitas besar yang sering kali dikenal sebagai masyarakat Madura swasta, masyarakat gadungan, masyarakat duplikat, dan masyarakat murtadin karena Maduro ora dan Jawa ora.

K H Moch Kholil Bangkalan
K H Moch Kholil adalah guru utama yang men­cetak banyak ulama besar di Jawa Timur. Sam­pai sekarang, meski sudah meninggal, ba­nyak ulama yang mengaku belajar secara gaib dengan Mbah Kholil.

Menelusuri Setiap Jengkal Pesona
Pulau Madura

Pulau yang terdiri dari empat kabupaten dengan wilayah yang luas itu, menyimpan potensi wisata yang bahkan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Sehingga tak heran bila pulau ini tertinggal jauh dengan pulau-pulau lain yang memiliki beragam wisata unggulan.

Sejarah NoOkie Band
Dari bulan ke bulan mereka coba bertahan hidup di kota Jakarta. Dan akhirnya Tuhan berkehendak untuk mereka balik ke Madura.

Madura Down Under
Orang Madura punya istilah onggha (arti harfiahnya naik) untuk menyebut perjalanan mereka ke Surabaya atau kota-kota lainnya di Jawa Timur. Sebaliknya, mereka menyebut toron (turun) ketika mereka kembali atau mudik ke daerah asalnya di Madura.

News Headlines

DPRD Sumenep Panggil PT SPE Petroleum

Komisi B DPRD Sumenep segera memanggil PT SPE Petroleum Ltd terkait gugatan masyarakat mengenai ekspolrasi migas. Gugatan ini muncul dari dua lembaga swadaya masyarakat (LSM). Diantaranya Forum Kiai Muda (Forkim) dan LSM Kelompok Jaringan Kerja Penyelamatan Lingkungan Sumenep (Jaka Peling). Alasan gugatan eksplorasi yang berlokasi di titik Kecamatan Guluk-guluk, Bluto, Lenteng dan Pragaan. PT SPE Petroleum Ltd dianggap menyalahi aturan yang ada. Hal ini disampaikan Wiwid Harjo Yudanto Anggota Komisi B DPRD Sumenep, saat di wawancari di Gedung DPRD Sumenep, Rabu, 20 Des 10.

Calon Bupati Visioner Azasi Hasan Lolos Konvensi

Kandidat Bakal Calon Bupati Sumenep Azasi Hasan, SE, MM dinyatakan lolos Konvensi dan Rapimcab DPC PPP Sumenep. Ia lolos dalam Penjaringan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati 2010-2015 di Aula Gedung RRI Sumenep, Minggu malam (10/01). Pada agenda besar partai berlambang ka’bah ini, Azasi Hasan terpilih bersama kandidat dua nama lain yang mengikuti acara konvensi.

Penjualan Batik Madura Meningkat

Penjualan batik madura melonjak pesat setelah Jembatan Suramadu beroperasi. Peningkatan juga dipengaruhi kesadaran warga menggunakan batik untuk keperluan sehari-hari. Peningkatan omzet dirasakan Supik, pemilik Toko Batik Tresna Art

Makam Keturunan Raja Meledak

Warga dikejutkan dengan kejadian aneh, Selasa (19/1). Salah satu makam keturunan Raja Sumenep di kawasan pemakaman Raja-Raja Sumenep, Asta Tinggi, di Desa Kebunagung, Kecamatan Kota meledak.


Eksotisme Batik Madura

Ketika menyebut Madura, yang terlintas di benak sebagian orang adalah “sangar”. Maklum saja, selain perawakan orang Madura yang rata-rata tirus, gempal, kaku, berkulit legam dengan logat bicara yang temperamental (seperti orang marah) salah satu stereotip miring soal Madura adalah carok. Peristiwa carok di tanah kelahiran Jokotole ini selalu menjadi pembicaraan serius banyak kalangan. Mulai dari orang awam sampai antropolog.

Pusaka Berusia Tiga Abad Dipamerkan

Sebanyak tiga ratus benda pusaka, salah satunya berusia tiga abad, diikutkan dalam acara pameran pusaka di halaman Museum Cakraningrat, Jalan Soekarno-Hatta, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Sabtu. Ketua Panitia Pameran Pusaka R. Abdul Hamid Mustari mengatakan, pihaknya menggelar pameran pusaka tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya yang telah diwariskan nenek moyang.

Tergoda Kerenyahan Snack Madura

Ternyata, jajanan asli Madura begitu beragam. Tidak sekadar keripik singkong yang sudah moncer dalam khazanah jajanan Tanah Air. Jajanan asli dari Pulau Garam, Madura ini begitu kaya rupa, sekaligus kaya rasa. Dalam ragam kacang-kacangan misalnya, dikenal ada kacang tolo, kacang beras, kacang hijau, hingga kacang tanah Madura bertabur lorjuk yang benar-benar pas membagi rasa gurih dan asinnya saat digerus bersamaan dan menyentuh lidah perasa.


an estimate of the human population of the earth


informasi & partisipasi
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home