Edisi Januari 2010

No. 38 Tahun IV

Kabhar Madhura mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010

** Kabhar Madhura mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010 ** Selamat Tahun Baru 1431 H Semoga Allah selalu melindungi kita semua dan memberikan kebahagiaan dunia akherat..... **


Cover Stories

Menuju Pilkada Sumenep 2010-2015
Namun sampai saat ini belum terlihat calon-calon yang melakukan gebrakan signifikan. Terutama dalam rangka meraih simpati dukungan masyarakat luas.

Pencitraan Masyarakat Madura Swasta
Bahkan, di bagian timur pulau Jawa, masyarakat Madura mendominasi dan membentuk komunitas besar yang sering kali dikenal sebagai masyarakat Madura swasta, masyarakat gadungan, masyarakat duplikat, dan masyarakat murtadin karena Maduro ora dan Jawa ora.

K H Moch Kholil Bangkalan
K H Moch Kholil adalah guru utama yang men­cetak banyak ulama besar di Jawa Timur. Sam­pai sekarang, meski sudah meninggal, ba­nyak ulama yang mengaku belajar secara gaib dengan Mbah Kholil.

Menelusuri Setiap Jengkal Pesona Pulau Madura
Pulau yang terdiri dari empat kabupaten dengan wilayah yang luas itu, menyimpan potensi wisata yang bahkan belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Sehingga tak heran bila pulau ini tertinggal jauh dengan pulau-pulau lain yang memiliki beragam wisata unggulan.

Sejarah NoOkie Band
Dari bulan ke bulan mereka coba bertahan hidup di kota Jakarta. Dan akhirnya Tuhan berkehendak untuk mereka balik ke Madura.

Madura Down Under
Orang Madura punya istilah onggha (arti harfiahnya naik) untuk menyebut perjalanan mereka ke Surabaya atau kota-kota lainnya di Jawa Timur. Sebaliknya, mereka menyebut toron (turun) ketika mereka kembali atau mudik ke daerah asalnya di Madura.

Model Pengembangan Madura
Pengembangan Madura merupakan sebuah wacana yang akan dilakukan sebagai model untuk melihat seberapa banyak kemampuan lokal dan budaya Madura yang bersifat historis dapat dijadikan acuan pengembangan strategis di masa depan.

Chandra Hasan Pejuang Pantang Menyerah
Selama tiga hari ia terus menerus diinterogasi oleh staf A Divisi Belanda, Chandra Hasan tetap pendiriannya, bahwa tindakannya logis dan ia tidak akan menyerah bagaimana pun juga.

Tellasan Ajji dan Otentisitas Islam
Selebrasi religius yang biasa disebut Tellasan Ajji ini memiliki segi-segi yang menarik untuk dikaji terutama dalam relasinya dengan periskop kultural yang meliputinya

Catatan Kecil Budaya Madura
Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, stereo-tipikal, dan stigmatik. Identitas budayanya itu dianggap sebagai deskripsi dari generalisasi jatidiri individual maupun komunal etnik Madura dalam berperilaku dan berkehidupan.

Madura: Sejarah, Sastra, dan Perempuan
Perempuan seni dalam dimensi patriarki masyarakat Madura, telah menciptakan kelonggaran relasi gender. Seni pertunjukan yang tidak meninggalkan tradisi diasporik masyarakat Madura telah memposisikan perempuan dan laki-laki sebagai elemen pembentuk harmonisasi.

Industri Manufaktur di Madura
Pengembangan Suramadu diharapkan tidak hanya mendongkrak perekonomian di Jawa Timur saja akan tetapi juga perekonomian nasional. Industri manufaktur merupakan salah satu jawaban untuk mendongkrak perekonomian ini.

Masuknya Bangsawan Madura ke Bengkulu
Kehadiran kaum elite pribumi keturunan Madura di Bengkulu pada abad ke 18, sebenarnya tidak lepas dari latar belakang situasi politik di wilayah Madura itu sendiri.

Bicara Sejarah Kota Pamekasan
Istilah Pamekasan sendiri baru dikenal pada sepertiga abad ke-16, ketika Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandilaras.

News Headlines

Perseba Lolos ke Divisi II
Prestasi hebat dipersembahkan para pemain sepak bola Bangkalan. Setelah sukses memboyong Piala Soeratin di Liga Remaja U-18, Perseba Bangkalan juga berhak naik kasta ke Divisi II tahun depan. Tiket itu mereka raih setelah dalam laga Kompetisi Divisi III mengalahkan PSJS Jakarta Selatan.


Santri Pondok Pesantren di Sumenep Gelar Tahlil
Santri di sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, langsung menggelar doa bersama dan tahlil atas wafatnya mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Rabu (30/12) malam.

35 Pelari Mancanegara Taklukkan Suramadu
Sejak pukul 03.00 WIB hari Minggu 29 November 2009, kesibukan di kawasan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) telah terasa lain dari biasa.Di jembatan yang merupakan landmark Jawa Timur bahkan Indonesia tersebut digelar lomba lari internasional .....


Madura Hasil Karya Mahasiswa Munich
Slavche Tanevsky, seorang mahasiswa di Universitas Munich, Jerman, telah menciptakan mobil konsep masa depan, Lamborghini Mandura. Penggunaan Madura, Tanevsky merujuk pada nama pulau di Indonesia.



Optimistis Dapat Empat Miliar Rupiah
Meski bukan daerah penghasil tembakau, Pemkab Bangkalan kembali kebagian dana hibah dari bagi hasil cukai rokok pada anggaran 2010 yang diperkirakan sebesar Rp 4 miliar. Dana segar ini diproyeksikan untuk .....


Sang Genius Itu Kembali ke APHO
Rencana gelar APHO 2010 dilaksanakan di Taiwan pada akhir April 2010. Ini akan menjadi ajang pembuktian Rommy dan Icang untuk mengukir prestasi ke jenjang lebih tinggi.


Air Terjun Toroan di Desa Ketapang Utara
Kabupaten Sampang memiliki sejumlah objek wisata alam yang potensial tapi belum dikelola dengan baik. Salah satunya, objek wisata Air Terjun Toroan. Tapi sayang, .....



Dana Kurang Meraih Penghargaan Internasional
Sebanyak 8 penghargaan atau prestasi tingkat internasional yang diraih pelajar Pamekasan sepanjang tahun 2009, 2 di antaranya diraih siswa tingkat SMA atas nama Ali Ikhsanul Qauli dan M Sahibul Maromy dari SMAN 1 Pamekasan.


Sekolah Ambruk Diterjang Puting Beliung
Angin puting beliung disertai hujan deras pekan lalu tidak hanya menghancurkan puluhan rumah warga Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, tetapi .....




an estimate of the human population of the earth


informasi & partisipasi
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home