Edisi Desember 2009

No. 37 Tahun IV



** Innalillahi wa inna ilaihi roji'un ** Kabhar Madhura turut berbelasungkawa atas wafatnya Presiden RI keempat K H Abdurrahman Wahid ** Selamat Jalan Gus Dur **


Cover Stories

Madura Proves Valuable Site for Relegious Tourism
The Madurese people deeply respect their Islamic teachers, even when they are dead. One of their traditions is to pray at their graves to ask their blessings.

Ulema Protests Torturee Against Racing Cows
A number of ulemas in Madura have been urging the regional administration to issue bylaws against the use of torture on cows used in the traditional karapan sapi (cow race).

Sejarah NoOkie Band
Dari bulan ke bulan mereka coba bertahan hidup di kota Jakarta. Dan akhirnya Tuhan berkehendak untuk mereka balik ke Madura.

Model Pengembangan Madura
Pengembangan Madura merupakan sebuah wacana yang akan dilakukan sebagai model untuk melihat seberapa banyak kemampuan lokal dan budaya Madura yang bersifat historis dapat dijadikan acuan pengembangan strategis di masa depan.

Chandra Hasan Pejuang Pantang Menyerah
Selama tiga hari ia terus menerus diinterogasi oleh staf A Divisi Belanda, Chandra Hasan tetap pendiriannya, bahwa tindakannya logis dan ia tidak akan menyerah bagaimana pun juga.

Tellasan Ajji dan Otentisitas Islam
Selebrasi religius yang biasa disebut Tellasan Ajji ini memiliki segi-segi yang menarik untuk dikaji terutama dalam relasinya dengan periskop kultural yang meliputinya

Catatan Kecil Budaya Madura
Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, stereo-tipikal, dan stigmatik. Identitas budayanya itu dianggap sebagai deskripsi dari generalisasi jatidiri individual maupun komunal etnik Madura dalam berperilaku dan berkehidupan.

Madura: Sejarah, Sastra, dan Perempuan
Perempuan seni dalam dimensi patriarki masyarakat Madura, telah menciptakan kelonggaran relasi gender. Seni pertunjukan yang tidak meninggalkan tradisi diasporik masyarakat Madura telah memposisikan perempuan dan laki-laki sebagai elemen pembentuk harmonisasi.

Industri Manufaktur di Madura
Pengembangan Suramadu diharapkan tidak hanya mendongkrak perekonomian di Jawa Timur saja akan tetapi juga perekonomian nasional. Industri manufaktur merupakan salah satu jawaban untuk mendongkrak perekonomian ini.

Masuknya Bangsawan Madura ke Bengkulu
Kehadiran kaum elite pribumi keturunan Madura di Bengkulu pada abad ke 18, sebenarnya tidak lepas dari latar belakang situasi politik di wilayah Madura itu sendiri.

Tingkatkan SDM Madura
Untuk tahap awal, akan disiapkan alokasi anggaran melalui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Bicara Sejarah Kota Pamekasan
Istilah Pamekasan sendiri baru dikenal pada sepertiga abad ke-16, ketika Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandilaras.

Inilah Kajian Sosial Jembatan Suramadu
Boleh jadi benar, tapi mungkin di salah satu sisi saja, yakni Surabaya. Sedangkan di satu sisi lainnya, Madura, mungkin akan terjadi ketimpangan.

Menanti Pebaikan Hidup di Suramadu
Tepat 10 Juni silam saat Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) diresmikan, ratusan bahkan ribuan warga Madura menggantungkan harapan tinggi.

Ekonomi Madura Akan Tumbuh 6,5 Persen
Ada banyak mimpi dari beroperasinya Jembatan Suramadu. Kemajuan ekonomi dan sosial Madura, khususnya. Sebab selama ini, potensi daerah tersebut hanya dipandang dari sektor perikanan dan kelautan saja.

News Headlines

Santri Pondok Pesantren di Sumenep Gelar Tahlil
Santri di sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, langsung menggelar doa bersama dan tahlil atas wafatnya mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Rabu (30/12) malam.

35 Pelari Mancanegara Taklukkan Suramadu
Sejak pukul 03.00 WIB hari Minggu 29 November 2009, kesibukan di kawasan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) telah terasa lain dari biasa.Di jembatan yang merupakan landmark Jawa Timur bahkan Indonesia tersebut digelar lomba lari internasional .....


Madura Hasil Karya Mahasiswa Munich
Slavche Tanevsky, seorang mahasiswa di Universitas Munich, Jerman, telah menciptakan mobil konsep masa depan, Lamborghini Mandura. Penggunaan Madura, Tanevsky merujuk pada nama pulau di Indonesia.



Optimistis Dapat Empat Miliar Rupiah
Meski bukan daerah penghasil tembakau, Pemkab Bangkalan kembali kebagian dana hibah dari bagi hasil cukai rokok pada anggaran 2010 yang diperkirakan sebesar Rp 4 miliar. Dana segar ini diproyeksikan untuk .....


Sang Genius Itu Kembali ke APHO
Rencana gelar APHO 2010 dilaksanakan di Taiwan pada akhir April 2010. Ini akan menjadi ajang pembuktian Rommy dan Icang untuk mengukir prestasi ke jenjang lebih tinggi.


Air Terjun Toroan di Desa Ketapang Utara
Kabupaten Sampang memiliki sejumlah objek wisata alam yang potensial tapi belum dikelola dengan baik. Salah satunya, objek wisata Air Terjun Toroan. Tapi sayang, .....



Dana Kurang Meraih Penghargaan Internasional
Sebanyak 8 penghargaan atau prestasi tingkat internasional yang diraih pelajar Pamekasan sepanjang tahun 2009, 2 di antaranya diraih siswa tingkat SMA atas nama Ali Ikhsanul Qauli dan M Sahibul Maromy dari SMAN 1 Pamekasan.


Sekolah Ambruk Diterjang Puting Beliung
Angin puting beliung disertai hujan deras pekan lalu tidak hanya menghancurkan puluhan rumah warga Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Sampang, tetapi .....



Kaukus Klarifikasi BPWS Kaukus Madura segera menemui Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS), terkait pengembangan industrialisasi di sekitar wilayah Jembatan Suramadu. Pengembangan .....


Jamaah Haji Pamekasan Bisa Jadi Teladan
Mereka dijadwalkan terbang menuju tanah suci Mekkah, Jumat (20/11) sore ini pukul 16.00 Bandara Juanda Surabaya. Kakandepag Pamekasan, Drs H Abd Wachid MM, mengatakan CJH asal Pamekasan tahun .....


Jangan Tinggalkan Kerapan Sapi
Kerapan sapi identik dengan Madura. Karena itulah, budaya warisan luluhur Madura itu harus terus dilestarikan di setiap kabupten di Pulau Garam itu. Bertolak pada kenyataan inilah, anggota DPRD Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, R Aulia Rahman meminta Pemkab harus lebih memperhatikan kelestarian karapan sapi di wilayah tersebut.


NOokie Ubah Imej Orang Madura
Jika selama ini orang Madura dikenal sebagai tukang sate dan penjual soto ayam, maka image tersebut perlahan memudar. Apalagi ketika band pendatang baru Nookie menggebrak pasar musik tanah air.


Pengolahan Dodol Terbentur Listrik
Salah satu pengelola buah salak menjadi dodol adalah Saniyah ( 46), warga Dusun Morkolak, Desa Kramat, Kec. Bangkalan Kota. “Saya kasihan bila melihat ibu–ibu dari kampung sini, pagi–pagi .....


Air Gua Payudan Dipercaya Sebagai Obat
Air Gua Payudan Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, Madura dipercaya sebagai obat segala macam penyakit. Air itu menetes dari batu yang berbentuk naga dan buaya setiap 5 detik sekali.


69 Pasangan Ikuti Nikah Massal
Tidak tanggung-tanggung, Bupati Sampang, Noer Tjahja, sempat menikahkan salah satu pasangan calon pengantin tersebut. Usai melangsungkan akad nikah, puluhan pasangan .....


Pemerintah Kabupaten Sampang Beli Bus Mercy
Pemkab Sampang kini memiliki bus baru sebagai kendaraan transportasi yang dapat digunakan untuk kepentingan dinas.




Sepeda Motor Dipindah ke Jalur Mobil
Jembatan Suramadu rencananya akan dipasang kabel optik PLN. Adanya pemasangan kabel ini, jalur motor untuk sementara dialihkan ke jalur emergency line yang ada di jalur roda empat. Pemasangan kabel ini dilakukan mulai, Kamis (1/10/2009). Rencananya akan selesai hingga Januari 2010.


Puting Beliung Terjang Tiga Desa
Angin puting beliung memorak-porandakan tiga desa di Kecamatan Karang Penang, Jumat (23/10), sekitar pukul 15.00. Akibatnya, 78 rumah warga di Desa Karang Penang Oloh, Poreh, dan, Burmatet rusak. Hingga .....


Suramadu Rawan Longsor Tebing yang ada di sekitar Jalan akses tol jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) sisi Madura, tepatnya Desa Morkepek, Kecamatan Labang, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, rawan longsor karena tidak ada penahan.

Unijoyo Bangun Gedung Tertinggi di Madura Universitas negeri satu-satunya di Madura ini membangun gedung 10 lantai untuk pelayanan administrasi yang nantinya akan dikenal sebagai Gedung Rektorat.

an estimate of the human population of the earth


informasi & partisipasi
kabharmadhura@gmail.com
iskzkarnain@yahoo.co.id