Edisi November 2009

No. 36 Tahun III



Kabhar Madhura mengucapkan Selamat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1430 H. Semoga Allah swt menerima shalat dan amalan kurban kita semua di hari raya tellasan hajji ini. Minal Aidin Wal Faidzin. Labbaik Allahumma Labbaik La Syarika Labbaik ......

Cover Stories

Madura Proves Valuable Site for Relegious Tourism
The Madurese people deeply respect their Islamic teachers, even when they are dead. One of their traditions is to pray at their graves to ask their blessings.

Ulema Protests Torturee Against Racing Cows
A number of ulemas in Madura have been urging the regional administration to issue bylaws against the use of torture on cows used in the traditional karapan sapi (cow race).

Chandra Hasan Pejuang Pantang Menyerah
Selama tiga hari ia terus menerus diinterogasi oleh staf A Divisi Belanda, Chandra Hasan tetap pendiriannya, bahwa tindakannya logis dan ia tidak akan menyerah bagaimana pun juga.

Tellasan Ajji dan Otentisitas Islam
Selebrasi religius yang biasa disebut Tellasan Ajji ini memiliki segi-segi yang menarik untuk dikaji terutama dalam relasinya dengan periskop kultural yang meliputinya

Catatan Kecil Budaya Madura
Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, stereo-tipikal, dan stigmatik. Identitas budayanya itu dianggap sebagai deskripsi dari generalisasi jatidiri individual maupun komunal etnik Madura dalam berperilaku dan berkehidupan.

Madura: Sejarah, Sastra, dan Perempuan
Perempuan seni dalam dimensi patriarki masyarakat Madura, telah menciptakan kelonggaran relasi gender. Seni pertunjukan yang tidak meninggalkan tradisi diasporik masyarakat Madura telah memposisikan perempuan dan laki-laki sebagai elemen pembentuk harmonisasi.

Industri Manufaktur di Madura
Pengembangan Suramadu diharapkan tidak hanya mendongkrak perekonomian di Jawa Timur saja akan tetapi juga perekonomian nasional. Industri manufaktur merupakan salah satu jawaban untuk mendongkrak perekonomian ini.

Masuknya Bangsawan Madura ke Bengkulu
Kehadiran kaum elite pribumi keturunan Madura di Bengkulu pada abad ke 18, sebenarnya tidak lepas dari latar belakang situasi politik di wilayah Madura itu sendiri.

Tingkatkan SDM Madura
Untuk tahap awal, akan disiapkan alokasi anggaran melalui Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Bicara Sejarah Kota Pamekasan
Istilah Pamekasan sendiri baru dikenal pada sepertiga abad ke-16, ketika Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandilaras.

Inilah Kajian Sosial Jembatan Suramadu
Boleh jadi benar, tapi mungkin di salah satu sisi saja, yakni Surabaya. Sedangkan di satu sisi lainnya, Madura, mungkin akan terjadi ketimpangan.

Menanti Pebaikan Hidup di Suramadu
Tepat 10 Juni silam saat Jembatan Surabaya Madura (Suramadu) diresmikan, ratusan bahkan ribuan warga Madura menggantungkan harapan tinggi.

Ekonomi Madura Akan Tumbuh 6,5 Persen
Ada banyak mimpi dari beroperasinya Jembatan Suramadu. Kemajuan ekonomi dan sosial Madura, khususnya. Sebab selama ini, potensi daerah tersebut hanya dipandang dari sektor perikanan dan kelautan saja.


News Headlines


35 Pelari Mancanegara Taklukkan Suramadu Di jembatan yang merupakan landmark Jawa Timur bahkan Indonesia tersebut digelar lomba lari internasional bertajuk Suramadu International Run yang disosialisasikan sebagai Suramadu 10 K.

Suramadu Rawan Longsor Tebing yang ada di sekitar Jalan akses tol jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) sisi Madura, tepatnya Desa Morkepek, Kecamatan Labang, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, rawan longsor karena tidak ada penahan.

Unijoyo Bangun Gedung Tertinggi di Madura Universitas negeri satu-satunya di Madura ini membangun gedung 10 lantai untuk pelayanan administrasi yang nantinya akan dikenal sebagai Gedung Rektorat.

Puting Beliung Terjang Tiga Desa Angin puting beliung memorak-porandakan tiga desa di Kecamatan Karang Penang, Jumat (23/10), sekitar pukul 15.00.

Waspda Klaim Atas Aset Budaya Bangsa Sekedar mengingatkan, bahwa ada artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan/atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain

Hadi Poernomo Ketua BPK Mantan Direktur Jenderal Pajak, Hadi Poernomo, terpilih sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan periode 2009-2014.

Identik Madura: Mas Kawin Yenny Sepuluh Sapi Dalam adat pernikahan Madura selalu menyerahkan sapi sebagai mas kawinnya

Kena Getahnya Status Aris sebagai DPO (daftar pencarian orang) Densus 88 yang akhirnya menyebabkan pria kelahiran Temanggung 27 Januari 1986 itu menyerahkan diri pada 2 Oktober lalu memberi banyak dampak kepada Yayasan Salsabila tempat dia mengajar.

Pipa Minyak Bocor Bocornya pipa eksploitasi minyak di Desa Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Sumenep, hingga kemarin (29/9) membuat masyarakat sekitar resah.

Mantan Gubernur Jatim M Noer Masuk Rumah Sakit PAK Noer, begitu dia disapa, masuk ke RS Darmo, Surabaya, pada hari pertama Lebaran, Minggu, 20 September. Namun, kemarin siang (23/9), kondisinya berangsur membaik.

Sebagian Warga Sumenep Puasa Hari Jumat Ini Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karawi di Desa Ketawang Karay, Kecamatan Ganding, Sumenep, K.H. Fayyat As’ad menjelaskan, pihaknya mulai melaksanakan salat tarawih Kamis (20/8) malam kemarin. Itu berarti hari ini mulai berpuasa.

Ortu Bayi Raksasa Tolak Pembesuk Sikap pasutri warga Kampung Rongkarong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota Pamekasan ini karena keduanya takut bayi yang diberi nama Wahyu Agus Perwira Putra itu hilang dibawa roh halus yang selama ini mereka yakini mendampingi Aminah.

East Java Women Gives Birth to 'one-year-old' Baby Boy The delivery was reportedly conducted without the need for a Caesarean section.

Tari Pelecut Pembangunan Madura Tari Pecut Madura dibawakan oleh 50 gadis cantik dan 16 pemuda. Para gadis membawa bendera kecil di tangannya, sementara penari laki-laki membawa pecut.

Kamus Bahasa MaduraKini ada kamus Bahasa Madura yang memungkinkan generasi muda untuk mempertahankan bahasa Madura.

Bayi Raksasa Lahir di Madura Anehnya, bayi laki-laki itu dilahirkan tanpa ari-ari (tali pusar) atau ari-arinya langsung putus tanpa meninggalkan luka.

Tanjungbumi Dengan 'Batik Gentong' yang Eksotis Tanjungbumi daerah pesisir pantai, memiliki riwayat tersendiri dengan batiknya.

Karnaval Lumpuhkan Lalu Lintas di Pamekasan Akses lalu lintas di dalam kota Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu macet total akibat kegiatan karnaval pembangunan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan masyarakat umum yang digelar pemerintah kabupaten (pemkab) setempat.

Pembacaan Puisi Rendra Ekspresi WS Rendra dengan "seribu wajahnya" dalam acara pembacaan sajak-sajak.

kritik & saran
kabharmadhura@gmail.com
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home