Edisi Juni 2009

No. 31 Tahun III

selamat dan sukses
atas peresmian salah satu adikarya anak bangsa


JEMBATAN SURAMADU

semoga membawa pertumbuhan perekonomian
bagi masyarakat Indonesia,
khususnya masyarakat Jawa Timur

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN / Kompas Images
Suasana malam hari di Jembatan Suramadu yang membentang di Selat Madura dipenuhi cahaya lampu saat diambil gambarnya dari Pantai Tambakwedi, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (9/6). Jembatan penghubung Pulau Jawa dan Pulau Madura dengan panjang total 5.438 meter tersebut akan diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini (10/06/2009)



Top Stories

Madura Island Targeted for Cattle Farming
East Java Governor Soekarwo said his administration will develop Madura island as a cattle farming area when construction of the Suramadu bridge is completed.
more

Kyai Prajan: Barisan dan Mentalitas Inlander
Sejarah tentang Kyai Semantri Prajan yang melawan Belanda serta Tentara Madura binaan Belanda yang disebut Barisan hampir tidak pernah kita dengar kecuali melalui tradisi lisan (oral tradition) orang-orang sepuh dahulu
baca selengkapnya

Antisipasi Dampak Negatif Jembatan Suramadu
Dia mengatakan, dioprasionalkannya Suramadu akan melahirkan dampak positif dan negatif, khususnya dalam bidang moral dan budaya.
baca selengkapnya

Menyongsong Industrialisasi Madura
Dalam proses menuju industrialisasi itu, bisa dipastikan akan memerlukan dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta tak terelakkannya masuknya unsur-unsur budaya asing atau luar yang tidak mungkin bisa dibendung lagi.
baca selengkapnya

Setelah Suramadu Lantas Apa Lagi
China lebih pengalaman membangun jembatan setelah giat membangun infrastruktur. Alhasil, kini teknologi mereka telah direbut.
baca selengkapnya

Suramadu: Jembatan versus Ferri
Sudah tepatkah keputusan membangun jembatan, khususnya yang berbentang panjang?
baca selengkapnya




Kabar Terkini

Kabar Peristiwa

Suramadu Toll Fees Go Into Effect Today State-owned toll road operator PT Jasa Marga said Tuesday it had officially decided to put the fees into effect at midnight on June 17, 2009, despite strong protests from ferry operators serving the Ujung and Kamal ports.
Suramadu Dilengkapi Anti Bom Sebuah jembatan antarpulau terpanjang di negeri ini, yakni Jembatan Suramadu, secara resmi akan mulai dioperasikan pada Rabu (10/6) pagi ini.
SBY Resmikan Islamic Center Pembangunan gedung Islamic Centre kini sudah rampung. Peresmian gedung untuk kegiatan keagamaan yang menelan dana sekitar Rp 32 miliar direncanakan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (10/6).
Suramadu Tanpa Detektor Angin Peresmian tinggal beberapa hari namun hingga kini detektor angin di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) belum juga dipasang.
Kelola Suramadu Saham Jasa Marga Mejanjikan Saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR) layak diakumulasi, seiring proyeksi kinerja yang menjanjikan di tahun ini. Terutama, keberhasilannya menjadi pengelola jembatan Suramadu.
Uji Coba Suramadu Sukses Kepastian tersebut terungkap setelah tim pelaksana proyek kemarin melakukan uji coba melintasi jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura itu.
Gubernur Jatim Bantah Peresmian Suramadu Terkait Pilpres Gubernur Jawa Timur Soekarwo membantah rencana peresmian jembatan Suramadu pada 10 Juni mendatang terkait pemenangan salah satu calon presiden (capres) pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009.
Melintasi Suramadu Nyaman Pada 40 km/jam Menurut Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, di Surabaya Sabtu, pada tingkat kecepatan itu, pengendara akan lebih santai dan terasa nyaman saat mengemudikan motornya, selain akan mudah mengendalikan kecepatannya saat angin bertiup kencang.
Terbuka Investor Asing Bupati Pamekasan Kholilurrahman bakal memberikan peluang masuknya investor yang ingin menanamkan modalnya di Pamekasan.
Pantai Lombang Jadi Sengketa Sengketa lahan antara warga dan Dinas Pariwisata Sumenep mulai disidang di Pengadilan Negeri setempat, pekan depan.
Dewan Pengarah Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengusulkan empat bupati di Pulau Madura dan Wali Kota Surabaya masuk dalam Dewan Pengarah Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura.
Jembatan Suramadu Gratis Dua Pekan Departemen Pekerjaan Umum (PU) memberikan kesempatan melintas secara gratis selama dua minggu di jembatan Surabaya-Madura (Suramadu), setelah jembatan terpanjang di Indonesia itu diresmikan pada 10 Juni 2009.
Suramadu Tinggal Satu Persen Namun, sampai kemarin jembatan sepanjang 5,4 km itu belum rampung 100 persen.
Mega Proyek di Suramadu Sejumlah investor asing maupun dalam negeri terus dijajagi untuk mengembangkan kawasan ini.
Warga Tolak Pengeboran PDAM Sekitar 300 warga sebagian besar wanita unjuk rasa menentang proyek pengeboran air PDAM di Kampung Gligis, Desa Gunung Maddah, Kecamatan Kota Sampang, Jumat (29/5).

Kabar Pemilu 2009

KPU Bangkalan Serahkan DPT ke Tim Sukses Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin, menyerahkan slinan daftar pemilih tetap (DPT) pada masing-masing tim sukses pasangan capres dan cawapres di wilayah tersebut.
Bupati Sampang 'Pecah' PKB Intervensi Bupati Sampang, Noer Tjahja, menambah runcing konflik internal DPC PKB Sampang.
Meski Pernah Dikunjungi JK, M Noer Pilih SBY-Boediono Mantan Gubernur Jatim M.Noer resmi menyatakan dukungannya kepada pasangan SBY-Boediono.
Hasil Pemilu di Madura Terancam Hal ini seiring masih adanya sepuluh kasus sengketa pemilu di Madura yang masih disidangkan Mahkamah Konstitusi (MK).
JK Gerilya Basis Santri Rabu (13/5) hari ini, JK dijawalkan bertemu ulama Madura, Surabaya, dan Pasuruan, disertai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh dan ulama daerah setempat.
Demokrat Lapor Mahkamah Konstitusi Protes rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten terus berlanjut. Partai politik (parpol) yang merasa ada perbedaan angka perolehan suara caleg dan partai kembali mendatangi panwaslu.

Kabar Hukum

Staf Pemerintah Kabupaten Bangkalan Ditahan Kejari Setelah menahan tersangka AK, staf Badan Pertanahan Nasional Bangkalan, kali ini kejaksaan menahan SB, staf Inventarisir Kekayaan Milik Daerah (IKMD) Sekretariat Daerah Kabupaten.
Tersangka P2SEM Dibui Tersangka yang juga kepala SMA swasta asal Sampang dan juga dosen di Sidoarjo itu dijebloskan sel sejak pukul 16.00 kemarin sore.
Koruptor Pembebasan Tanah Ditahan Tersangka Agung K, ditahan berdasarkan bukti dan keterangan saksi, karena terlibat korupsi pembebasan tanah seluas 1,9 hektare di Bancaran - Junok, hingga merugikan negara Rp 1 miliar.
Cegah Korupsi di Dinas Pendidikan Tidak kurang dari 500 Kepala SD Negeri maupun swasta di Pamekasan, Senin (18/5), mengikuti penerangan hukum yang terlaksana atas kerja sama Dinas Pendidikan dan Kejari Pamekasan di Gedung Serba Guna Pamekasan.

Kabar Humaniora

Tiga SMAN di Madura Menjadi RSBI Tiga SMAN di Madura terpilih sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), yakni SMAN 1 Pamekasan, SMAN 1 Sampang dan SMAN 1 Sumenep.
Pamekasan Garap Agrowisata Kepala Dinas Pertanian Pamekasan, Ir Isye Windarti, mengatakan, tanah yang digunakan untuk Taman Agrowisata semuanya tanah kas desa.
Ambulan Jadi Mobil Pribadi Dari hasil pantauannya, banyak ditemukan ambulan di beberapa puskesmas yang ‘nongkrong’ di pasar-pasar.
Mr X Ternyata Orang Sampang Mr X itu diduga kuat bernama Mat Daib asal Dusun Lenteng Barat, Desa Nyeloh, Kecamatan Kedungdung.
Muntaber Meledak di Pulau Sapeken Wabah penyakit muntah disertai berak (muntaber) yang menyerang warga Pulau Saur dan Pulau Pagerungan Besar di wilayah Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, terus menyebar.
Terjebak Dengan Sastra Pizza Sebagian besar kaum muda mulai kecanduan dengan sastra pizza. Buktinya, karya sastra pemula terinspirasi borjuasi kota yang sarat dengan simbol metropolis.


kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id