Edisi Mei 2009

No. 30 Tahun III


Children from Kedungcowek village ride bikes over a fish pond near the Suramadu Bridge in Surabaya, East Java on Sunday. The opening of the bridge, which will link Surabaya and Madura, has been pushed back from April to August due to technical problems. (The Jakarta Post/AGNES S. JAYAKARNA)



Top Stories

Suramadu Tahan Satu Abad
Jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Madura secara fisik ini bisa bertahan lama bila mendapat perawatan seksama.
baca selengkapnya

Kisah Bapak Tega Jual Anak Kandung
Bonijo termasuk bapak yang tega menjual anak kandungnya sendiri Luna (nama samaran), 17, kepada lelaki hidung belang.
baca selengkapnya

Membangun Budaya Berlalu Lintas di Suramadu
Di sepanjang Jalan Kedungcowek, berbagai kendaraan mulai mobil, motor, truk, hingga becak seenaknya berseliweran.
baca selengkapnya

Masa Depan Pendidikan di Madura Pasca Suramadu
Adapun pendapat yang kontra menganggap bahwa industrialisasi tidak akan menyejahterakan, tetapi sebaliknya akan memarginalkan warga Madura dan mengancam terjadinya dekadensi moral yang sangat membahayakan warga Madura, terutama kalangan pemuda dan pelajar.
baca selengkapnya

Bangun Madura Pasca Suramadu
Beberapa pertemuan untuk mengumpulkan bupati Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep untuk membahas pembangunan Madura tak pernah tercapai. Begitu pula pertemuan Sabtu (29/11) di Surabaya, masih tak lengkap juga. Apa susahnya empat bupati duduk satu meja membicarakan Madura ke depan?
baca selengkapnya

Pohon Nyamplung Sumber Energi Alternatif
Di Sampang, Madura, Jawa Timur, selain dikampanyekan untuk penghijauan, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yakni dengan mengolah bijinya untuk dijadikan bahan bakar minyak (BBM) atau bio diesel.
baca selengkapnya



Kabar Terkini

Kabar Peristiwa

BAPPEDA Belum Dengar Kabar BPWS Bahkan, Pemerintah Bangkalan yang diwakili Badan Perencana Pembagunan Daerah (Bappeda) belum mendengar selentingan kabar pun tentang hal itu.
Warga Suramadu Diusir ke Rumah Susun Bahkan masyarakat yang memiliki tanah bersertifikat pun akan diusir ke rusun demi menyelamatkan proyek pembangunan kawasans ekitar Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu).
Tiga Nama Berpeluang Urus Suramadu Imam Supardi, Junaedi Mahendra, dan Heryo Wiyanto. Pemprov Jatim mendesak pemerintah pusat segera menunjuk Kepala Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS), lembaga yang ditunjuk mengelola infrastruktur sekaligus menggagas pengembangan wilayah Surabaya dan Madura.
Kejar Deadline Suramadu Pantauan koran ini kemarin, dari titik nol akses di Kecamatan Burneh, masih terdapat beberapa bagian yang belum selesai.
SBY ke Suramadu Sambil Gerilya SBY tiba di Jembatan Suramadu sekitar pukul 09.35 dan langsung mendapat pemaparan di Kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V di dekat jembatan. Kepala Balai Besar AG Ismail menjelaskan, progres pembangunan Jembatan Suramadu sudah mencapai 98,81 persen.
Sementara Swakelola Namun, untuk jalan tol sementara waktu akan dikelola Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) secara swakelola.
Roda Dua Boleh Lewat di Suramadu Kemarin, dia menyatakan bahwa kendaraan roda dua boleh lewat di atas jembatan sepanjang 5, 438 km yang kini masih dalam tahap penyelesaian itu.
Nookie Ubah Image Orang Madura "Mungkin kami orang Madura yang punya band seperti sekarang. Dengan ini kami juga ingin mengubah imej yang ada. Madura jangan hanya dikenal dengan 'carok'-nya aja tapi punya juga band seperti kami," lanjutnya lagi diiyakan personil lain.
Anak Madura Itu Jadi Profesor ”Pak rektor perlu tahu, ada dua hal yang dianggap sakral oleh orang Madura. Pertama mengantar saudaranya berangkat haji. Yang kedua, mendatangi kerabatnya yang diangkat jadi profesor,” seloroh Syamsul disambut gelak para undangan.
Pembangunan Suramadu Tinggal Empat Persen Dengan demikian, penyelesaian pembangunan jembatan sepanjang 5.438 meter ini tinggal empat persen lagi.
Dua Siswa SMAN 1 Pamekasan Berangkat ke Olimpiade Fisika se Asia Pamekasan bisa dikata selalu memiliki keunggulan dalam bidang sains. Setelah sukses Andi Octavian Latief, kini dua adik kelasnya mengikuti jejak dalam Olimpiade Fisika Se Asia.
Ketua KKS Tewas Digorok Hampir sekujur tubuh ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Sendir ini penuh luka sayatan, dan lehernya digorok.
Suramadu Lebih Pas Usulan perubahan nama Jembatan Suramadu menjadi Jembatan Trunojoyo, nama pahlawan atau tokoh Madura, mendapat tanggapan dari Bupati Bangkalan Fuad Amin.
Madura Tolak Nama Suramadu Nama Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura ada kemungkinan akan tinggal kenangan.
Jembatan Suramadu Akhirnya Tersambung Detik-detik penting penyambungan Jembatan Suramadu itu tadi malam hingga dini hari tadi berlangsung sederhana. Rencana bakal ada kembang api, ternyata batal.
Dewan Pembangunan Madura: Pemkot Surabaya Pasti Dilibatkan Dewan Pembangunan Madura (DPM) menyatakan, Pemkot Surabaya dan Pemkab Bangkalan pasti dilibatkan dalam mengelola kawasan otorita (khusus) di kaki Suramadu.
Hadang Otorita Suramadu DPRD Kota Surabaya Tolak Pelenyapan Peradapan Rencana pemerintah pusat menjadikan kawasan kaki Jembatan Suramadu sebagai kawasan otorita tak akan berjalan mulus.

Kabar Pemilu 2009

Hasil Pemilu di Madura Terancam Hal ini seiring masih adanya sepuluh kasus sengketa pemilu di Madura yang masih disidangkan Mahkamah Konstitusi (MK).
JK Gerilya Basis Santri Rabu (13/5) hari ini, JK dijawalkan bertemu ulama Madura, Surabaya, dan Pasuruan, disertai melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh dan ulama daerah setempat.
Demokrat Lapor Mahkamah Konstitusi Protes rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten terus berlanjut. Partai politik (parpol) yang merasa ada perbedaan angka perolehan suara caleg dan partai kembali mendatangi panwaslu.
Gerindra Menang di Bangkalan Meski partai baru, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mampu unggul di Bangkalan untuk tingkat DPR RI.
DPT Kacau Parpol Tuntut Pemilu Ulang Puluhan pengurus partai politik mendatangi Kantor Panitia Pengawas Pemilu Bangkalan, Madura, Selasa (14/4).
Persaingan Ketat Protes Marak Berdasarkan pantauan koran ini, rekapitulasi perolehan suara sementara awalnya berjalan lancar. Namun, setelah memasuki rekapitulasi tingkat DPRD ketegangan mulai tampak.
Panwaslu Lacak Pencontreng Liar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumenep mulai menyelidiki keterlibatan oknum PPS dan KPPS yang diduga menyontreng surat suara terlebih dahulu.

Kabar Hukum

Tersangka P2SEM Dibui Tersangka yang juga kepala SMA swasta asal Sampang dan juga dosen di Sidoarjo itu dijebloskan sel sejak pukul 16.00 kemarin sore.
Koruptor Pembebasan Tanah Ditahan Tersangka Agung K, ditahan berdasarkan bukti dan keterangan saksi, karena terlibat korupsi pembebasan tanah seluas 1,9 hektare di Bancaran - Junok, hingga merugikan negara Rp 1 miliar.
Cegah Korupsi di Dinas Pendidikan Tidak kurang dari 500 Kepala SD Negeri maupun swasta di Pamekasan, Senin (18/5), mengikuti penerangan hukum yang terlaksana atas kerja sama Dinas Pendidikan dan Kejari Pamekasan di Gedung Serba Guna Pamekasan.
Korupsi Mesin Genset Terberat Penasihat hukum tiga terdakwa tersebut, Bakhtiar Pradinata mengatakan, kasus dugaan korupsi proyek pengadaan mesin genset tahun anggaran 2006 oleh Suparta dan Noer memang yang terberat.
Tersangka P2SEM Ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumenep akhirnya menahan MD, tersangka kasus dugaan korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) kemarin.
Rudi Chandra Terima Hukuman Percobaan Putra Jenderal (pur) R Hartono yang didakwa menganiaya Muhammad Al Amin, karyawan SPBU miliknya, tersebut dijatuhi hukuman penjara lima bulan dengan masa percobaan delapan bulan.
Fakultas Hukum Unijoyo Jadi Lokasi Sidang Seperti diketahui, MK memanfaatkan 34 perguruan tinggi negeri untuk menggelar sidang jarak jauh.
Kejaksaan Negeri Tangani Tujuh Kasus Korupsi Antara lain, kasus dugaan korupsi PKPRI lanjutan dengan tersangka Abd. Kadir dan Abdusrai, dugaan korupsi P2SEM (Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat) dengan tersangka Abdul Hamid dan kawan-kawan, dugaan korupsi bantuan panti sosial dengan tersangka RH M. Sholeh, mantan Kasi kessos dan kawan-kawan.
Rudy Dituntut Percobaan Satu Tahun Enam Bulan Tuntutan ini jauh lebih ringan dibanding dakwaan sebelumnya yakni 2 tahun 8 bulan.
Puasa Sebelum Teguk Racun Dua pasutri yang tewas di Wisma Prambanan Jl Letjen Sutoyo Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, diduga kuat menjadi korban pembunuhan terkait kredit mobil.
Tadah Mesin Mobil Curian Sukron Diringkus Polisi Diduga membeli barang hasil curian, Sukron Makmun (31) warga Troket, Pamekasan diringkus. Sukron diamankan di Dermaga Ujung saat membawa barang-barang tersebut ke dalam kapal ferry.

Kabar Humaniora

Mr X Ternyata Orang Sampang Mr X itu diduga kuat bernama Mat Daib asal Dusun Lenteng Barat, Desa Nyeloh, Kecamatan Kedungdung.
Muntaber Meledak di Pulau Sapeken Wabah penyakit muntah disertai berak (muntaber) yang menyerang warga Pulau Saur dan Pulau Pagerungan Besar di wilayah Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, terus menyebar.
Terjebak Dengan Sastra Pizza Sebagian besar kaum muda mulai kecanduan dengan sastra pizza. Buktinya, karya sastra pemula terinspirasi borjuasi kota yang sarat dengan simbol metropolis.
Petani Tembakau Sumenep Merugi Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Sumenep membuat sebagian besar lahan tembakau terendam air hujan.
Dua Sainal Berebut Jatah Akibat pendataan yang kurang akurat, penyerahan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Bugih Kecamatan Pamekasan, Kamis (14/5) sempat ribut.
Batik Sampang Menumggu Ajal Tak mudah menemukan Desa Kotah, Kec. Jrengik, yang dikenal sebagai pusat kerajinan batik tulis Sampang.
Disiapkan Raih Emas Apho 11 Keberhasilan dua pelajar Pamekasan meraih medali perunggu dalam Olimpiade Fisika tingkat Asia (Apho) ke 10 pada 2009 yang diselenggarakan di Bangkok Tahiland, semakin memacu dunia pendidikan Pamekasan meningkatkan prestasinya.
Petani Tebakau Sumenep Merugi Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Sumenep membuat sebagian besar lahan tembakau terendam air hujan.
Ayam Berkaki Empat Sedot Perhatian Warga Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan digegerkan dengan lahirnya anak ayam berkaki empat.
Api Abadi Dari Pulau Madura Anehnya, api hanya menyala di tanah sekitar lingkaran pagar, sehingga warga tidak khawatir api akan menjalar ke rumah mereka.
Batik Madura Kompetitif Tapi Kurang Promosi Batik buatan warga Desa Klampar, Pamekasan, pun tak kalah terkenal.
Colorful Batik Madura Performa batik asal pulau garam ini juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batik dari daerah lain, seperti warna-warna cerah dan motifnya yang beragam menciptakan karakter masyarakat lokal.
Pesona Laba Batik Madura Batik Madura. Ya, meski seolah tidak jauh berbeda dengan batik asli Indonesia dari daerah lain seperti Cirebon, Yogya ataupun Solo, namun ada yang berbeda dari batik Madura.
Nenek Mizanah Mengais Rezeki di Kerasnya Batu Hampir 50 tahun Mizanah menekuni pekerjaan sebagai pemecah batu. Kehidupannya yang tak kunjung membaik membuat dia terus menggeluti pekerjaan itu meski kini sudah renta.
Rilis Rap Madura Nama daerah Madura kian memikat orang untuk mengeksplorasi. Di bidang musik misalnya, salah satu grup rap papan atas Black Star ikut mengeksplorasi Bahasa Madura menjadi lagu kampanye salah satu kandidat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Enam Puluh Persen Warga Pedesaan Madura Buta Huruf Tingginya persentase warga buta huruf di Madura bukan hanya disampaikan Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. Tapi juga diakui sejumlah pengurus Parpol di Pamekasan. Seperti yang disampaikan fungsionaris Partai Hanura, Jamali.


kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home