Edisi Februari 2009

No. 27 Tahun III


Tari Muang Sangkal



Top Stories

Suramadu Bridge to Open in April
A bridge being built to connect Surabaya and Madura Island will be completed by March and ready for use in April, an executive says. read the rest of this post

Regions Compete for Good Governance
Sumenep, a remote regency on the poorly developed island of Madura, has proved a success in economic governance, with the presence of dozens of domestic and foreign investors helping to boost the regency's economic growth by almost 7 percent in the past two years.
read the rest of this post

Simbol Anti Hegemoni Dalam Cerita Rakyat Madura
Sikap diskriminatif terhadap ulama Giri yang digulirkan Mataram sejak Sultan Agung, ternyata mendapat perlawanan tidak saja dari otoritas kesantrian Giri Kedaton, namun masyarakat Madura yang priyayi seperti Trunojoyo. baca selengkapnya

Empat Bulan Lagi Beroperasi
Selama ini, perkembangan pembangunan Jembatan Suramadu hanya bisa diikuti dari jauh. Pengambilan foto-foto juga dilakukan dari jarak jauh.
baca selengkapnya


Padha Reng Madhuranah Tak Parcajhah
Da' Tarennah Dhibi'

Pria yang hanya mengenyam pendidikan sampai SMA itu tersinggung karena Mahkamah Konstitusi yang kini dipimpin Mahfud MD, putra Sampang, tidak percaya proses pemungutan suara di Bangkalan dan Sampang. baca selengkapnya

Pilgub dan Bargaining Politik Madura
Keputusan Mahkamah Konstitusi yang memenangkan sebagian gugatan pasangan calon Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono secara otomatis telah melambungkan bargaining politik masyarakat Madura.
baca selengkapnya

Kawasan Bebas BAB Sembarangan
“Jembatan Suramadu selain akan dikenal sebagai jembatan terpanjang di Asia Tenggara, juga akan dikenal sebagai WC umum terpanjang di dunia,” demikian anekdot yang beredar seiring rencana pembangunan jembatan pada 2003 lalu. baca selengkapnya



Kabar Terkini

Kabar Peristiwa
Sampang Teremdam Bajir Selain menenggelamkan rumah warga, banjir akibat meluapnya Kali Kemuning yang melintas di tengah kota, juga menyebabkan SMP Ibnu Abu Rasad, di Desa Pasean dan jalur transportasi jurusan Sampang - Omben ditutup, selama satu jam, lantaran terendam air bercampur lumpur.
Suramadu Terganggu Hujan Hujan deras yang mengguyur Bangkalan beberapa hari terakhir, menggenangi lahan jalan akses Suramadu sisi Madura.
Instalasi Telepon dan Listrik Sudah Terpasang Demikian juga dengan utilitas penerangan jalan. PLN Distribusi Jatim memastikan semuanya sudah tidak ada masalah.
Pedagang Pindah Pasar Lama Terbakar Ada dugaan terbakarnya beberapa stan di pasar lama itu karena ada unsur kesengajaan dari orang yang iseng.
Proyek Suramadu Mundur Dua Bulan Awalnya, jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Bangkalan itu ditargetkan tuntas April.
Akhirnya Warga Pasrah Tujuh rumah warga di Jl. Kenjeran dan Kedung Cowek yang akan digusur paksa pengadilan negeri (PN) Surabaya atas permintaan P2P, rinciannya terdiri dua rumah di Jl. Kenjeran dan lima rumah di Jl. Kedung Cowek.
Sempat Ricuh Ancam Tutup Jalan Pasalnya, pemilik rumah keberatan jika bangunannya itu diratakan dengan tanah menggunakan alat berat.
Jalan Akses Tuntas April Eksekusi jalan akses jembatan Suramadu sisi Madura di tiga desa, yakni Desa Baengas, Morkepek, dan Pangpong, Kecamatan Labang, Bangkalan, dilanjutkan Kamis (5/2) siang tadi dengan mengeksekusi empat titik tanah.
Tolong Cewek Tenggelam Nasib ini dialami Sidik, 23, warga Desa Laden, Kecamatan Kota Pamekasan, kemarin, sekitar pukul 08.00. Karena hendak menyelamatkan teman dekatnya, Dina, 15, yang tecebur Sungai Gerrha Manjheng, malah Sidik yang hilang ditelan arus.
Karsa Menang Pilgub Ulang Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) secara resmi dinyatakan unggul dari Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Kaji) dalam pilgub putaran esktra di Bangkalan dan Sampang.
Data Sementara Coblosan Ulang Pilgub Dari penghitungan sementara coblosan ulang pilgub Jatim di Sampang dan Bangkalan kemarin, Karsa berhasil unggul dari Kaji.
Deadline Kamis, Sapu Bersih Akses Suramadu Jika warga tetap menolak dan tak mau mengambil uang di PN, maka pihaknya tak segan untuk menggusur paksa lima warga tersebut.

Kabar Politik & Hukum
Said: Petani Butuh Bibit MSP Sedangkan bibit MSP (Mari Sejahterakan Petani) bisa menghasilkan 12 hingga 14 ton per hektare.
Kades Tersangka Kepala Desa (Kades) Sawah Tengah, Kec. Robatal, H Nurul, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus dugaan korupsi penyimpangan bantuan dana lauk pauk (LP) bagi pengungsi Sampit 2004 lalu.
Anak Jendral Hartono Mangkir Lagi Saat Sidang Majelis hakim pun meminta jaksa penuntut umum (JPU) menahannya apabila terdakwa kasus penyekapan karyawan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jl Genteng Kali Surabaya itu mangkir lagi dalam sidang berikutnya.
Khofifah: Madura Harus Bebas Dari Prostitusi Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Madura harus bebas dari praktik prostitusi, meski nantinya Madura akan menjadi daerah industri.
Polisi Berbahasa Madura Didrop Cegah Konflik Pilgub Istimewanya personel polisi Jember itu diseleksi secara khusus agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat.
Jabatan Sekretaris Kabupaten Rekayasa Mantan Kepala Dinas Peternakan Blitar itu, dituding oleh tim Pansus terkesan dipaksakan menduduki jabatan paling strategis dijajaran birokrasi.

Kabar Humaniora
Buku 'Kiai' Menuai Kritik Karya tulis setebal 163 halaman itu dinilai telah mencoreng posisi kiai dan pesantren bahkan telah melecehkan dan menghina kiai.
Selamat Dari Arus Sungai Jadi Dukun Dina, yang selama ini sering kesurupan roh halus itu mendadak berubah menjadi gadis yang memiliki ilmu menyembuhkan penyakit.
Siap Penuhi Kebutuhan Guru Bupati Pamekasan Drs KH Kholilurrahman SH menegaskan bahwa pada prinsipnya Pemkab siap memenuhi kebutuhan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), sesuai dengan kemampuan dan kepantasan.
Dukun Cilik Irfan Didatangi Banyak Penderita Kencing Manis Dukun cilik Irfan Maulana (6) alias Rida`ie, warga Kampung Baru, Desa Kamal, Kecamatan Kamal, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, yang tiba-tiba menjadi dukun seperti dukun cilik Ponari, kini banyak didatangi penderita penyakit kencing manis.
Srikaya Butuh Sentuhan Pengembangan Para pedagang dari Sampang menjual buah Srikaya yang berukuran besar hanya dengan harga Rp 1.000/buah, sedangkan untuk yang ukuran kecil seharga Rp 40 ribu dalam satu keranjang penuh.
Dukun Cilik Rido'i Semakin Terkenal Bahkan beberapa lainnya mengaku dari luar Madura.
Mengancam Populasi Sapi Ras Madura Sapi ras Madura merupakan plasma nutfah yang dilindungi sekaligus dipertahankan kemurniannya.
Benahi Taman Taman yang menelan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2006 lalu itu kondisi fisiknya sangat memprihatinkan.
Madura Banyak Potensi Dia mengira Madura sama dengan NTT atau Arab Saudi, yang mana wilayahnya berbentuk bebatuan, kering dan tandus.
KKN ke Kabupaten Sampang KKN ini merupakan agenda Unijoyo melalui LPPM, sebagai bentuk pengamalan tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.
Menengok Budaya Sun Rand SUN RAND merupakan salah satu budaya di masyarakat Pagerungan besar, Kecamatan Sapeken Kabupaten Sumenep Madura.
Menpera Kecele Madura Di sepanjang perjalanan lewat darat, dari Kamal hingga Pamekasan, ternyata sawah ladang menghijau.
Berduyun-duyun Jual Sarikaya Seperti semangat warga Desa Saronggi berlomba-lomba menjajakan buah sarikaya di sepanjang tepian jalan raya.
Idul Khotmi Tarekat Tijaniyah Idul Khotmi atau perayaan pengangkatan guru (mursyid) Tarekat Tijaniyah menjadi wali Allah yang digelar di Pamekasan, bisa dibilang merupakan acara massal terbesar pertama di Madura pada 2009.
Bukti Peradapan Itu Akan Punah Tapi, kondisi situs tersebut malah dibiarkan rusak tanpa mendapatkan perawatan sama sekali, sehingga jika tidak segera dipugar, maka lambat-laun bukti peradapan itu akan punah.
Wisuda Sarjana S1 STIKA Acara tahunan yang dilaksanakan STIKA itu mendatangkan kurang lebih 10 pedagang dari luar Annuqayah.
Kebun Salak di Jalan Pesalakan Keberadaan buah salak sudah menjadi ikon bagi Kabupaten Bangkalan.
Potensi Durian di Kecamatan Pegantenan Di saat musim durian saat ini, durian yang berasal dari Kecamatan Pegantenan tetap menjadi pembicaraan.
Sangkar Burung dari 'Desa Hitam' Pemesannya dari para pecinta burung dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Bali dan Surabaya.
Menyimpang Dari Hukum Kekekalan Energi Temuan itu dinilai menyimpang dari hukum kekekalan energi.
PLTMG Djoko Dilirik PLN PT PLN Persero Gresik yang membawahi wilayah Jawa Timur sampai mengirim utusan khusus menemui Djoko.
PLTMG Joko Ditawar Rp 5 Miliar Pembangkit listrik tenaga mekanik gravitasi (PLTMG) tipe 1 temuan Joko mampu menghasilkan listrik 3.000 watt.
Gerhana Matahari Jadi Ajang Wisata Lembaga Swadaya Masyarakat Gai’ Bintang Astronomi Club (GBAC) Sumenep memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan secara langsung peristiwa gerhana matahari cincin yang terjadi, Senin (26/1).
Tambang Pasir Rusak Pantai Tambang pasir liar di kawasan pantai Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, menyebabkan banyak rumah warga penduduk rusak, juga terjadi abrasi.
Misyanti Perempuan Pemanggang Ikan Seorang nenek berusia 60 tahun di Desa Beluk Raja, Kecamatan Ambunten berada di dekat kepulan asap. Di hadapannya, tiga kuali berisi bara api.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id