Edisi Juli 2008

No. 20 Tahun II

John Stanmeyer / Saba for TIME
MADURESE MARRIAGE: The Madurese adhere to their distinct culture,
as in this colorful marriage rite


Cerita Sampul

Real Madura is A Haven of Peace, Transquility
Madura rides like a ship at anchor just off East Java's north coast. It is as big as Bali and rich in culture and sights, but it has a terrible reputation and no one visits. >> selengkapnya

Bound to Wander
Madura is home to a unique language and culture that sets its natives apart from the people of Indonesia's other islands. >> selengkapnya

Sejarah Madura yang Terlupakan
Dengan kelihaian golongan birokrat saat itu, Belanda mampu membentuk negara Madura yang dipimpin wali negara.
>> selengkapnya


Runtuhnya Kekuatan Bahasa Ibu Madura
Kekhawatiran semacam ini sebenarnya cukup berkembang di Tanah Air, seperti tercermin pada Kongres Kebudayaan Madura Maret 2007 di Sumenep, atau dalam Kongres Bahasa Jawa IV di Semarang beberapa bulan sebelumnya. >> selengkapnya


Kabar Terkini

Pengguna Bahasa Madura Kian Merosot Bahkan, mulai jarang digunakan dalam percakapan keseharian masyarakat di pulaunya.
Golput Diprediksi Tiga Puluh Lima Persn Di Bangkalan, diprediksi golongan putih (golput) alias tidak mencoblos hanya sekitar 35 persen. perkiraan ini didasarkan atas data rekapitulasi sementara yang dilakukan KPUD Bangkalan dari PPK kecamatan
Kongres Mahasiswa Nyaris Baku Hantam Satu kubu menghendaki kongres dibubarkan dengan alasan inkonstitusional. Kubu lainnya menghendaki kongres dilanjutkan karena sah menurut aturan kampus.
Buku Tembang Macapat Madhura Dengan diluncurkannya buku Tembang Macapat Madhura karya Oemar Sastrodiwirjo ini, diharapkan beberapa guru dapat memelajari dan meneruskannya kepada siswa.
Ukiran Madura Minim Peminat Ini disebabkan karena prilaku konsumen yang cenderung mengikuti tren masa kini.
Said Panen Seratus Sepuluh Ton Gabah Terbukti, proyek percontohan MSP di Kecamatan Dasuk dan Ganding yang digagas anggota DPR RI MH. Said Abdullah ternyata sukses besar.
Seratus Warga Dapat PLTS Keseratus warga penerima bantuan PLTS pusat tersebar di 6 kecamatan katagori tertinggal.
Penghasil Garam Terbesar Dari data itu dijelaskan bahwa luas lahan garam yang ada di Sampang mencapai 4200 Ha dengan produksi garam rata-rata 320 ribu ton/tahun.
Wisuda Universitas Madura Mereka berasal dari berbagai fakultas dan program studi terbaik di Unira.
Achsan Safari ke Pesantren Cagub-cawagub yang diusung PKB ini kemarin safari ke pesantren di Sumenep.
Diketemukan Sumur Aspal dan Minayak Sementara itu Kepala kantor Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Moh Fadhilah yang mendengar laporan itu, bersama stafnya langsung meninjau sumur aspal itu.
Janji Angkat Potensi Minyak di Sumenep Jika dipercaya sebagai pemimpin di Jatim dalam pilgub 23 Juli mendatang, dia akan berupaya memaksimalkan potensi migas itu.
Kolektor Keris Pusaka Yang unik adalah keris Nogo Rangsang. Pusaka yang berumur sekitar 400 tahun ini ada tulisan lafadz Allah.
Sumur Warga Sumenep Keluarkan Minyak Warga yang mengetahui sumur berminyak tersebut, berbondong-bondong melihatnya, dan untuk menghindari hal-hal tak diinginkan sumur tersebut diberi "police line" oleh Polres Sumenep.
Suramadu Barometer Keberhasilan Konstruksi Sebab, jembatan ini menjadi barometer keberhasilan konstruksi di Indonesia
Ribuan Santri Terpaksa Mandi Air Keruh Hal ini terjadi di Pondok Pesantren Banyuanyar dan santri Ponpes Bata-Bata, semuanya di kecamatan Palengaan.
Upacara Adat Pengantin Madura Tata rias pengantin kecuali mengandung arti keindahan ( estetis ) relegius dan ada kalanya mengandung arti simbolis serta fungsi dalam kehidupan masyarakat.
Wayang Madura Berkembang di Pamekasan Salah satunya seperti yang dilakukan kelompok karawitan Panti Budoyo, Dusun Candi, Desa Polagan, Kecamatan Galis, Pamekasan. Kelompok karawitan ini mulai melakonkan wayang dengan dalang berbahasa Madura.
D Zawawi, Clurit Emas Usia penyair D. Zawawi Imron saat ini sekitar 64-65 tahun. Dia sendiri tak pernah tahu pasti berapa umurnya.
Waduk Nipah Banyuates Tapi, dengan berbagai pendekatan, pembangunan waduk terus berlangsung dan kini telah rampung.
Potensi Kripik Talas di Pegantenan Untuk memproduksi kripik talasnya, Ibu Salimah masih menggunakan teknologi sederhana.
Dewan Kesenian Wadul Dewan Mereka meminta dukungan dewan terkait legislasi dan anggaran.
Polsek Dijaga Ketat Kapolres memerintahkan jajarannya untuk siaga. Itu setelah polisi menangkap enam orang yang diduga merusak Mapolsek.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id