Edisi Juni 2008

No. 19 Tahun II

Edisi 100 Tahun Kebangkitan Nasional


ANTARA/Saiful Bahri/Kompas Images
Sebuah grup musik etnik perkusi khas Pamekasan, Ul-Daul, beraksi pada Festival Musik Etnik Perkusi tingkat yunior di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Sabtu (3/5) malam. Festival tersebut diikuti puluhan grup perwakilan SD/MI se-Pamekasan


Cover Story

Runtuhnya Bahasa Ibu Madura
Kekhawatiran semacam ini sebenarnya cukup berkembang di Tanah Air, seperti tercermin pada Kongres Kebudayaan Madura Maret 2007 di Sumenep, atau dalam Kongres Bahasa Jawa IV di Semarang beberapa bulan sebelumnya. >> selengkapnya

Bos Pengemis Tinggal Nikmati Hidup
Cak To, begitu dia biasa dipanggil. Besar di keluarga pengemis, berkarir sebagai pengemis, dan sekarang jadi bos puluhan pengemis di Surabaya. Dari jalur minta-minta itu, dia sekarang punya dua sepeda motor, sebuah mobil gagah, dan empat rumah.
>> selengkapnya

Sentra Usaha Tambang di Kecamatan Galis
Awalnya, dia memproduksi tambang dari bahan alami kulit pohon waru. Namun, karena pohon tersebut semakin langka dan mahal, dia beralih ke bahan nilon dari tambang bekas yang diolah menjadi baru lagi. >> selengkapnya


Kabar Terkini

D Zawawi, Clurit Emas Usia penyair D. Zawawi Imron saat ini sekitar 64-65 tahun. Dia sendiri tak pernah tahu pasti berapa umurnya.
Waduk Nipah Banyuates Tapi, dengan berbagai pendekatan, pembangunan waduk terus berlangsung dan kini telah rampung.
Potensi Kripik Talas di Pegantenan Untuk memproduksi kripik talasnya, Ibu Salimah masih menggunakan teknologi sederhana.
Dewan Kesenian Wadul Dewan Mereka meminta dukungan dewan terkait legislasi dan anggaran.
Polsek Dijaga Ketat Kapolres memerintahkan jajarannya untuk siaga. Itu setelah polisi menangkap enam orang yang diduga merusak Mapolsek.
Massa Rusak Mapolsek Ratusan warga Desa Cabbiya, Kecamatan Talango, Sumenep, kemarin sore merusak Mapolsek setempat.
Dr Ec Hj Samiatun, MM: Dari Pengusaha Menuju Politisi Sebagai pengusaha, wanita keturunan kerajaan Sumenep atau Potre Koneng ini merintis usahanya sejak kecil.
Penjual Sate Kelapa Ondomohen Sate kelapa yang dijual di pinggir Jl Ondomohen (sekarang Jl Walikota Mustajab) merupakan salah satu makanan legendaris Kota Surabaya.
Selamatkan Madura "Asalkan kita tetap konsisten pada syariat Islam, saya yakin akan mudah menyelamatkan Madura dari dampak negatif atas pembangunan Suramadu."
Pamekasan Dilanda Kekeringan Kelima belas desa tersebut masing-masing Desa Bukek, Branta Tinggi dan Desa Tlanakan Kecamatan Tlanakan, serta Desa Tlesah, Baddurih dan Desa Tanjung Kecamatan Pademawu.
Al Quran Terjemahan Madura Disempurnakan Penyempurnaan Alquran terjemahan Bahasa Madura terus dilakukan.
Mantan Bupati Didakwa Berlapis Seperti diketahui, Dwiatmo ditetapkan tersangka diduga akibat membuat keputusan sepihak dalam pembelian CLM dengan menabrak Keppres 55/1993.
Pengrajin Tikar Desa Kaduara Temor Sedangkan anggota keluarga perempuan menganyam tikar di rumah.
Massa Tuntut Kajari Mundur Sekitar 6.000 warga dan 135 kepala desa (kades) dari 13 kecamatan di Pamekasan serta para aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) unjuk rasa ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, Jl Panglegur, Selasa (2/6).
Sri Wahyuni Juara I Lomba Atletik Usia Dini Buktinya dialami Sri Wahyuni, asal Pakong. Meski tinggal di rumah gubuk berukuran 4x5 meter, dia berhasil menjadi juara I di kejuaraan atletik tingkat Jatim pertengahan Mei lalu.
Cangkareman Pusat Transportasi Laut Di dusun ini terdapat anjungan yang dibangun pemerintah kabupaten 10 tahun lalu.
Pembunuh Sinden Dibekuk Tersangka yang diketahui bernama Saleh, 40, warga Desa Banuaju, Kecamatan Batang-Batang.
Sinden Playboy Dihabisi Jamak, 37, yang dikenal sebagai sinden tayub, jago parikan serta pemain ludruk di Kecamatan Batang-Batang dicelurit lehernya oleh seorang tak dikenal saat sedang pentas, Minggu (1/6) malam.
Perempuan Pencari Tiram Namun perempuan Taddan juga tidak ingin kehilangan kesempatan menikmati hasil laut.
Empat Tahun Renovasi Pasar Srimangunan Sebab, pasar yang rencananya akan dijadikan ikon pusat perbelanjaan Kota Sampang membutuhkan penertiban yang ekstra.
Batik Tulis Tradisional Desa Klampar Salah satunya melalui sentra batik tulis tradisional yang terletak di Desa Klampar, Kecamatan Proppo, Pamekasan.
Ijin Belum Turun Keinginan Tim Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang memercepat proses penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) dana pesangon anggota DPRD Sampang periode 1999-2004 bakal menemui kendala.
Djasuli Tidak Ditahan Kemarin, sejak pukul 13.00, tim penyidik unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Satreskrim Polres melepas jaksa yang dilaporkan membawa kabur perempuan di bawah umur tersebut.
Minta Libatkan Warga Madura Rencana pembangunan kawwasan 'kaki' Jambatan Suramadu ditanggapi Dewan Pembangunan Madura (DPM).
Pemerintah Siapkan Badan Pengembangan Suramadu Pembangunan Jembatan Suramadu diperkirakan selesai secara keseluruhan pada April 2009.
Dardir Bertahan di Tengah Krisis Kenaikan haga sembako tak menciutkan nyali para pekerja besi tua. Saat harga BBM dan sembako naik, mereka tetap bertahan hidup.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id