Edisi Mei 2008

No. 18 Tahun II

Edisi 100 Tahun Kebangkitan Nasional



Girder Erection Selesai Lebih Awal Pekerjaan fisik jembatan Suramadu sisi Madura di Kecamatan Labang, Bangkalan, lebih cepat dari rencana semula.



Cover Story

Sampit Kini Sudah Berubah

Sampit adalah kota yang sangat menakutkan bagi orang Madura pada awal 2001 lalu, saat terjadi kerusuhan etnis. Tapi, sekarang kota ini sudah berubah. Kembali ramah kepada orang Madura. Banyak orang Madura yang dulu mengungsi, kembali lagi dan menjalani aktivitas sehari-harinya seperti biasa. >> baca selengkapnya

Grand Disain Madura Pasca-Suramadu

Bisa Belajar dari India untuk Menarik Investasi

Pembangunan fisik jembatan Suramadu sudah mencapai 89 persen. Jembatan yang menghubungkan Pulau Madura-Jawa ditarget selesai tahun ini. Empat kabupaten di Madura, terutama Bangkalan, sudah harus bersiap-siap menyongsong dampak langsung pasca-pembangunan megaproyek tersebut. >> baca selengkapnya


Kabar Terkini

Djasuli Tidak Ditahan Kemarin, sejak pukul 13.00, tim penyidik unit PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) Satreskrim Polres melepas jaksa yang dilaporkan membawa kabur perempuan di bawah umur tersebut.
Minta Libatkan Warga Madura Rencana pembangunan kawwasan 'kaki' Jambatan Suramadu ditanggapi Dewan Pembangunan Madura (DPM).
Pemerintah Siapkan Badan Pengembangan Suramadu Pembangunan Jembatan Suramadu diperkirakan selesai secara keseluruhan pada April 2009.
Dardir Bertahan di Tengah Krisis Kenaikan haga sembako tak menciutkan nyali para pekerja besi tua. Saat harga BBM dan sembako naik, mereka tetap bertahan hidup.
Pendamping Hukum Gratis Bagi Keluarga Miskin Perlindungan hukum gratis bagi keluarga miskin itu dilakukan karena selama ini menurut pandangan pemkab selalu menjadi korban dari keputusan hukum.
Kampung Genteng di Desa Karangpenang Bagi mayoritas warga Karang Penang, Sampang, tanah liat tak ubahnya emas.
Ada PSK di Taman Bunga Berdasarkan pantauan di taman ini, para SPK biasanya duduk di kursi beton.
Carok Tiga Tewas Satu Ditahan Judi sabung ayam yang digelar warga di tengah hutan jati, di Desa Rongdalem, Kecamatan Omben, Sampang, menebar maut.
Distribusi BBM ke Pulau Ngadat Dampaknya, ribuan nelayan di sejumlah kepulauan Sumenep terpaksa berhenti melaut.
Salak Bangkalan Jenis Unggulan Dua belas jenis itu antara lain Salak Penjalin, Pepaya, Apel, Manggis, Kerbau, Bule, Pandan, Nangka, Duren, Bukkol, Mangga dan Se nase’.
Bug Mae Jualan Pisang di Trotoar Saat sebagian besar orang tertidur lelap, Bug Mae sudah siap dengan aktifitas kesehariannya.
Listrik Madura Terancam Padam Tower yang menopang jaringan listrik tegangan tinggi ke seluruh wilayah Madura terancam roboh.
Fatimatus Zahra ke Konferensi National Best Practice Mulai dari membuat karya tulis yang akan dipresentasikan, mengumpulkan bahan-bahan presentasi, hingga persiapan mental.
SMS Santet Beredar di Sumenep Rasmi, 20, warga Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Sumenep, mengaku terjerembab di rumahnya usai menerima 'SMS santet'.
Sophiyah Bertahan Hidup dari Es Teler Diantaranya, Shopiyah warga Kalimantan yang memilih pergi dari tanah kelahirannya menuju Madura.
Presiden Tinjau Jembatan Suramadu SBY bersama rombongan akan melihat jembatan yang membentang di atas Selat Madura ini dari atas kapal perang milik TNI AL.
Buah Naga Lestari di Kecamatan Pragaan Misalnya, petani Desa Rombasan Kecamatan Pragaan yang kini beralih ke manaman buah naga yang konon berkhasiat ini.
Pondok Pesantren Nurul Huda Pengilen Kecamatan Dasuk Awalnya, hanya sekedar langgar kecil dengan 25 santri.
Areal Tembakau 2008 Terancam Over Produksi Sejumlah daerah pegunungan yang sudah mulai tanam tembakau di antaranya di wilayah Kecamatan Bluto, Batu Putih, Lenteng, Guluk-Guluk, Pasongsongan dan Kecamatan Seronggi, Sumenep.
Puluhan Rumah Warga Tergenang Laut Dampaknya sangat terasa di beberapa daerah di Pulau Madura seperti Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep serta Kabupaten Situbondo di Pulau Jawa.
SMKN 3 Pamekasan Buka Kelas Unggulan Dijelaskan Tarmudji, kelas unggulan yang dibukanya itu sebenarnya merupakan salah satu strategi untuk menjadi sekolah berstandar internasional (SBI).
Dampak Laut Pasang di Kampung Kotasek Pademawu Dengan langkah gontai, Tojianto berjalan mengitari tambaknya yang sudah tergenang air laut.
Turut Siapkan Masyarakat Pasca Suramadu Tujuannya, untuk mengetahui perkembangan terakhir terkait pembangunannya. Sehingga, masyarakat bisa memahami persiapan yang harus menjadi perhatian.
Pondok Pesantren Al Mubtadiin Bangkalan Namun panasnya udara tidak menyurutkan puluhan santri di Ponpes Al Mubtadiin untuk beraktivitas rutinitasnya.
Mahasiswa se Madura Turun Jalan Aktivis itu terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Madura, kemudian dilanjutkan aksi mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Reformis (GEMAR), Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat (GEMPUR), Pergerakan Tangan-tangan Intelektual Reformis (PETIR), dan FAMS (Front Aksi Mahasiswa Sumenep) yang digelar dihalaman rumah dinas Bupati Sumenep.
Pernikahan Silang Budaya Madura-Jepang Perbedaan budaya merupakan hal tersulit yang harus dihadapi dalam pernikahan silang budaya.
Rokat Somor Somber Brumbung di Lobuk, Ketengan Namun di Ketengan, Kecamatan Burneh, ada selamatan sumur.
Pondok Pesantren Al Is'af Kalabaan Ambulan, menurut penuturan Kiai Jurjis - sapaan KH Jurjis Muzammil, merupakan tempat untuk menampung orang sakit.
Sistem Belajar Mengajar Mengadopsi Pesantrenn Meski baru berdiri dua kelas, yakni kelas I sekitar 23 siswa dan kelas II 28 siswa, kualitas belajar mengajar di MTs Chairuddiniyah, Desa Trogan Arok, Kecamatan Burneh,Bangkalan, tidak kalah dengan MTs yang lain.
Pondok Pesantren Darul Hikam Sampang Ponpes yang terletak di Jalan Barisan Indah Gunung Sekar Sampang ini memang menggiatkan santriwatinya membaca ayat-ayat Alquran.
Pondok Pesantren Matsaratul Huda Pamekasan Gagasan perlunya memiliki lembaga pendidikan formal di bawah naungan pondok pesantren dilakukan sejak diasuh oleh KH Kholilurrahman.
Gagas Program 150 Hari Kerja Program kerja itu sedikitnya dibagi tiga. Yakni, program rekonsiliasi; konsolidasi mekanisme pemerintahan dan peningkatan pelayanan masyarakat; dan program yang langsung menyentuh masyarakat.
Persiapan Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Pamekasan 2008-2013 Wajah Pendapa Ronggosukowati di Jalan Pamong Praja terlihat cantik dan menawan.
Pondok Pesantren Al Asror di Desa Ujung Piring Tidak hanya dikirim ke pulau Jawa, beberapa santri juga dikirim ke pulau yang mayoritas penduduknya beragama Hindu untuk morok agama.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home