Edisi April 2009

No. 29 Tahun III


FRIZAL/JAWA POS]
MONUMENTAL: Jembatan Suramadu dipotret dari helikopter TNI-AL kemarin pukul 10.53. Saat bentang tengah terpasang malam tadi, kali pertama dalam sejarah Jawa dan Madura terhubung.



Top Stories

Nasib Orang Madura di Balik Jembatan Suramadu
Mengingat betapa vital dan urgennya proyek ini bagi pembangunan ekonomi Indonesia, mudah dipahami bila jembatan Suramadu sangat didambakan kehadirannya oleh banyak pihak, khususnya orang Madura.
baca selengkapnya

Trilogi: Alawi, Madura, dan Industrialisasi
Ketika ide industrialisasi sedang bergaung di Madura era 1990-an, seorang kyai kharismatik Sampang, Kyai Alawi Muhammad menginspirasikan sebuah ide bagi industrialisasi.
baca selengkapnya

Madura Hindu Merayakan Nyepi
Namun di dusun yang berhimpitan dengan Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep, Surabaya ini, terdapat 223 kepala keluarga (KK) atau sekitar 800-an jiwa etnis Madura beragama Hindu. Mereka juga mempunyai pura besar di kampungnya.
baca selengkapnya

Perlawanan Petani Tembakau Madura
Praktik menggunakan berbagai cara yang dilakukan petani tembakau di Madura untuk meninggikan kualitas tembakaunya bisa dilihat sebagai bentuk "perlawanan" atas ketidakberdayaan.
baca selengkapnya

Masa Depan Pendidikan di Madura Pasca Suramadu
Adapun pendapat yang kontra menganggap bahwa industrialisasi tidak akan menyejahterakan, tetapi sebaliknya akan memarginalkan warga Madura dan mengancam terjadinya dekadensi moral yang sangat membahayakan warga Madura, terutama kalangan pemuda dan pelajar.
baca selengkapnya

Bangun Madura Pasca Suramadu
Beberapa pertemuan untuk mengumpulkan bupati Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep untuk membahas pembangunan Madura tak pernah tercapai. Begitu pula pertemuan Sabtu (29/11) di Surabaya, masih tak lengkap juga. Apa susahnya empat bupati duduk satu meja membicarakan Madura ke depan?
baca selengkapnya

Yang Unik Dari Budaya Madura Mudik
Masyarakat Madura

Namun ada suatu hal yang tak kalah menariknya dan unik dari kebiasaan yang terjadi pada hari Idul Adha. Yaitu masyarakat suku Madura mereka akan melakukan kebiasaan mudik.
baca selengkapnya





Kabar Terkini

Kabar Peristiwa

Anak Madura Itu Jadi Profesor”Pak rektor perlu tahu, ada dua hal yang dianggap sakral oleh orang Madura. Pertama mengantar saudaranya berangkat haji. Yang kedua, mendatangi kerabatnya yang diangkat jadi profesor,” seloroh Syamsul disambut gelak para undangan.
Pembangunan Suramadu Tinggal Empat Persen Dengan demikian, penyelesaian pembangunan jembatan sepanjang 5.438 meter ini tinggal empat persen lagi.
Dua Siswa SMAN 1 Pamekasan Berangkat ke Olimpiade Fisika se Asia Pamekasan bisa dikata selalu memiliki keunggulan dalam bidang sains. Setelah sukses Andi Octavian Latief, kini dua adik kelasnya mengikuti jejak dalam Olimpiade Fisika Se Asia.
Ketua KKS Tewas Digorok Hampir sekujur tubuh ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Tempat Pemungutan Suara (TPS) 3 Sendir ini penuh luka sayatan, dan lehernya digorok.
Suramadu Lebih Pas Usulan perubahan nama Jembatan Suramadu menjadi Jembatan Trunojoyo, nama pahlawan atau tokoh Madura, mendapat tanggapan dari Bupati Bangkalan Fuad Amin.
Madura Tolak Nama Suramadu Nama Jembatan Suramadu yang menghubungkan Kota Surabaya dan Madura ada kemungkinan akan tinggal kenangan.
Jembatan Suramadu Akhirnya Tersambung Detik-detik penting penyambungan Jembatan Suramadu itu tadi malam hingga dini hari tadi berlangsung sederhana. Rencana bakal ada kembang api, ternyata batal.
Dewan Pembangunan Madura: Pemkot Surabaya Pasti Dilibatkan Dewan Pembangunan Madura (DPM) menyatakan, Pemkot Surabaya dan Pemkab Bangkalan pasti dilibatkan dalam mengelola kawasan otorita (khusus) di kaki Suramadu.
Hadang Otorita Suramadu DPRD Kota Surabaya Tolak Pelenyapan Peradapan Rencana pemerintah pusat menjadikan kawasan kaki Jembatan Suramadu sebagai kawasan otorita tak akan berjalan mulus.

Kabar Pemilu 2009

Demokrat Lapor Mahkamah Konstitusi Protes rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten terus berlanjut. Partai politik (parpol) yang merasa ada perbedaan angka perolehan suara caleg dan partai kembali mendatangi panwaslu.
Gerindra Menang di Bangkalan Meski partai baru, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mampu unggul di Bangkalan untuk tingkat DPR RI.
DPT Kacau Parpol Tuntut Pemilu Ulang Puluhan pengurus partai politik mendatangi Kantor Panitia Pengawas Pemilu Bangkalan, Madura, Selasa (14/4).
Persaingan Ketat Protes Marak Berdasarkan pantauan koran ini, rekapitulasi perolehan suara sementara awalnya berjalan lancar. Namun, setelah memasuki rekapitulasi tingkat DPRD ketegangan mulai tampak.
Panwaslu Lacak Pencontreng Liar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumenep mulai menyelidiki keterlibatan oknum PPS dan KPPS yang diduga menyontreng surat suara terlebih dahulu.

Kabar Hukum

Kejaksaan Negeri Tangani Tujuh Kasus Korupsi Antara lain, kasus dugaan korupsi PKPRI lanjutan dengan tersangka Abd. Kadir dan Abdusrai, dugaan korupsi P2SEM (Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat) dengan tersangka Abdul Hamid dan kawan-kawan, dugaan korupsi bantuan panti sosial dengan tersangka RH M. Sholeh, mantan Kasi kessos dan kawan-kawan.
Rudy Dituntut Percobaan Satu Tahun Enam Bulan Tuntutan ini jauh lebih ringan dibanding dakwaan sebelumnya yakni 2 tahun 8 bulan.
Puasa Sebelum Teguk Racun Dua pasutri yang tewas di Wisma Prambanan Jl Letjen Sutoyo Bungurasih, Kecamatan Waru, Sidoarjo, diduga kuat menjadi korban pembunuhan terkait kredit mobil.
Tadah Mesin Mobil Curian Sukron Diringkus Polisi Diduga membeli barang hasil curian, Sukron Makmun (31) warga Troket, Pamekasan diringkus. Sukron diamankan di Dermaga Ujung saat membawa barang-barang tersebut ke dalam kapal ferry.
Tangkap Dua Perahu Bawa Bom Ikan Dua perahu layar motor (PLM) Sampurna dan Riski ditangkap Satpolair di perairan Pulau Kangean, Sumenep, Jumat (20/3). Pasalnya kedua perahu tersebut kedapatan membawa bom ikan dan TNT (bahan untuk peledak).
Tertangkapnya kedua perahu motor itu berawal dari kecurigaan petugas. Di mana petugas merasa ada yang janggal ketika melihat dua perahu motor usai mengisi es di perairan Kangean.
Massa Ngelurk Polres Puluhan massa yang tergabung dalam Aliansi Tuntutan Masyarakat Nyonning meluruk Mapolres Bangkalan, Kamis (19/3). Mereka mendesak Kapolres Bangkalan, AKBP M Aris Puronomo, membebaskan Mat Hasan karena batal demi hukum.
Namun, tak sempat berorasi para pengunjuk rasa dibubarkan petugas.

Kabar Humaniora

Batik Madura Kompetitif Tapi Kurang Promosi Batik buatan warga Desa Klampar, Pamekasan, pun tak kalah terkenal.
Colorful Batik Madura Performa batik asal pulau garam ini juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batik dari daerah lain, seperti warna-warna cerah dan motifnya yang beragam menciptakan karakter masyarakat lokal.
Pesona Laba Batik Madura Batik Madura. Ya, meski seolah tidak jauh berbeda dengan batik asli Indonesia dari daerah lain seperti Cirebon, Yogya ataupun Solo, namun ada yang berbeda dari batik Madura.
Nenek Mizanah Mengais Rezeki di Kerasnya Batu Hampir 50 tahun Mizanah menekuni pekerjaan sebagai pemecah batu. Kehidupannya yang tak kunjung membaik membuat dia terus menggeluti pekerjaan itu meski kini sudah renta.
Rilis Rap Madura Nama daerah Madura kian memikat orang untuk mengeksplorasi. Di bidang musik misalnya, salah satu grup rap papan atas Black Star ikut mengeksplorasi Bahasa Madura menjadi lagu kampanye salah satu kandidat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Enam Puluh Persen Warga Pedesaan Madura Buta Huruf Tingginya persentase warga buta huruf di Madura bukan hanya disampaikan Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu. Tapi juga diakui sejumlah pengurus Parpol di Pamekasan. Seperti yang disampaikan fungsionaris Partai Hanura, Jamali.


kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id