Edisi Januari 2009

No. 26 Tahun III



Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos
Bagian paling tengah Jembatan Suramadu hampir tersambung. Kurang 38 meter lagi, Pulau Jawa dengan pulau Madura bakal gandeng



Top Stories

Traveling in Madura
It took four hours to drive the length of Madura by motorbike from Kamal in the west to Sumenep in the east, passing through fields of tobacco and Indian corn.
read the rest of this post

Pesantren: Benteng Pelestari Bahasa Madura
Termasuk juga penggunaaan bahasa Madura dalam proses belajar-mengajar di pesantren.
baca selengkapnya

Usai Kongres Lalu ... ?
Salah satu poin permasalahan yang dirumuskan kongres adalah bahasa Madura harus dipertahankan, dibina dan dikembangkan.
baca selengkapnya

Meredupnya Spirit Literer Bahasa Madura
Pada 15-19 Desember 2008, Kongres I Bahasa Madura akan digelar di Pamekasan. Kegiatan ini merupakan amanat sekaligus tindak lanjut hasil Kongres Kebudayaan Madura pada Maret 2007.
baca selengkapnya

Rekomendasi Kongres I Bahasa Madura
di Pamekasan

KONGRES I Bahasa Madura yang digelar 15 sampai 19 Desember 2008 telah menghasilkan beberapa rumusan.
baca selengkapnya

Mengurai Kearifan Lokal Orang Madura
Dua kabupatennya, Bangkalan dan Sampang, hingga Januari 2009 menjadi 'medan pertempuran' terakhir bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi) dan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).
baca selengkapnya

Gelisah Atas Masa Depan Madura
Kalangan seniman-sastrawan Sumenep gelisah terhadap kelangsungan Bahasa Madura (BM). Pasalnya, kaum muda dari dulu hingga kini tidak begitu peduli BM hidup atau mati. Mengapa?
baca selengkapnya

Quo Vadis Penyelamatan Bahasa Nadura
Setelah pada tahun 2007, Masyarakat Madura berhasil menggelar Kongres Kebudayaan Madura dengan beberapa rekomendasi yang telah berhasil dilahirkan, tahun ini para tokoh Madura bermaksud menggelar Kongres Bahasa Madura.
baca selengkapnya



Kabar Terkini

Kabar Peristiwa
Karsa Menang Pilgub Ulang Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) secara resmi dinyatakan unggul dari Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Kaji) dalam pilgub putaran esktra di Bangkalan dan Sampang.
Data Sementara Coblosan Ulang Pilgub Dari penghitungan sementara coblosan ulang pilgub Jatim di Sampang dan Bangkalan kemarin, Karsa berhasil unggul dari Kaji.
Deadline Kamis, Sapu Bersih Akses Suramadu Jika warga tetap menolak dan tak mau mengambil uang di PN, maka pihaknya tak segan untuk menggusur paksa lima warga tersebut.
Warga Kepulauan Masalembu Terisolasi Pasalnya, kontrak kapal perintis — satu-satunya angkutan laut yang menghubungkan Maselembu dengan Sumenep — sudah habis.
Terbaik Dalam Tingkatan Produksi Beras Penghargaan yang diterima Kamis (18/12), karena Pamekasan dinilai sebagai Daerah Terbaik dalam gerakan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN).
Sajikan Gamelan dan Makanan Madura Pelaksanaan Kongres I Bahasa Madura yang digelar di Pamekasan tadi malam pukul 19.00 dimulai.
Kongres I Bahasa Madura Kongres I Bahasa Madura yang akan digelar di Pamekasan, Madura, 15 hingga 19 Desember 2008 mendatang, tak hanya dihadiri para tokoh dan budayawan regional dan nasional, tapi juga akan dihadiri pemerhati budaya Madura dari Jepang.

Kabar Politik & Hukum
Khofifah: Madura Harus Bebas Dari Prostitusi Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Madura harus bebas dari praktik prostitusi, meski nantinya Madura akan menjadi daerah industri.
Polisi Berbahasa Madura Didrop Cegah Konflik Pilgub Istimewanya personel polisi Jember itu diseleksi secara khusus agar bisa berkomunikasi dengan masyarakat setempat.
Jabatan Sekretaris Kabupaten Rekayasa Mantan Kepala Dinas Peternakan Blitar itu, dituding oleh tim Pansus terkesan dipaksakan menduduki jabatan paling strategis dijajaran birokrasi.
Coblosan Ulang 21 Januari 2009 Saat jumpa pers kemarin siang, KPUD memastikan bahwa coblosan ulang digelar pada 21 Januari 2009.
Saling Serang Tim cagub-cawagub Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menemukan adanya black campaign yang dilakukan oleh tim cagub-cawagub Khofifah Indarparawansa-MudJiono (KaJi).
Warga Madura Jangan Mau Diadu Doba “Seluruh warga NU Jatim khususnya di Madura, hendaknya mewaspadai upaya-upaya sistematis yang ingin membalik opini masyarakat dengan menyalahkan Mahkamah Konstitusi dan membenarkan kecurangan, mulai dari wacana, gerakan sampai demo,” kata Hasyim dalam siaran persnya.

Kabar Humaniora
Gerhana Matahari Jadi Ajang Wisata Lembaga Swadaya Masyarakat Gai’ Bintang Astronomi Club (GBAC) Sumenep memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan secara langsung peristiwa gerhana matahari cincin yang terjadi, Senin (26/1).
Tambang Pasir Rusak Pantai Tambang pasir liar di kawasan pantai Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, menyebabkan banyak rumah warga penduduk rusak, juga terjadi abrasi.
Misyanti Perempuan Pemanggang Ikan Seorang nenek berusia 60 tahun di Desa Beluk Raja, Kecamatan Ambunten berada di dekat kepulan asap. Di hadapannya, tiga kuali berisi bara api.
Madura Channel Tivina Oreng Madhura Selain TV lokal yang berakar pada konteks sosio-kultur masyarakat Madura, juga tetap menjunjung keunikan dan budaya masyarakata Madura serta menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.
Pasar Batik Pamekasan Nasibmu Kini Indikasinya, selain stan yang ada masih terbatas, jarang sekali warga memanfaatkan pasar batik untuk belanja.
Pantai Wisata Lombang Berantakan Fasilitas yang hancur akibat terjangan ombak besar itu meliputi sarana peristirahatan pengunjung, kamar mandi dan sejumlah cottage yang dibangun dengan dana APBD dari tahun 2005 hingga 2008.
Residents Turn to Biogas for Cooing Amid the prolonged kerosene and liquefied pressurized natural gas (LPG) crisis, residents of Sampang on Madura Island have utilized biogas for cooking and electrification.
Guru Bahasa Madura Ditatar Bahasa Madura sebagai mata pelajaran muatan lokal (mulok) yang diajarkan di SD dan SMP, sampai sekarang dinilai Dinas Pendidikan Bangkalan kurang maksimal.
Warga Sampang Memasak Dengan Biogas Berkat adanya biogas, kini dia tidak lagi merasa khawatir akan kelangkaan minyak tanah dan elpiji.
Rahasia Dapur Soto Madura Wawan Dirintis sejak tahun 1988, kini Soto Madura Wawan sudah memiliki 18 cabang di seluruh Surabaya.
Dahsyatnya Nasi Romi Sumenep Di Sumenep misalnya, kota di ujung timur laut Madura ini warganya bangga dengan nasi romi.
Pengusaha Kulit Ular di Bangkalan Usaha yang digeluti Hidayat tergolong berisiko. Dia menjadi pengepul ular besar dari berbagai daerah.
Damai Natal di Madura Di daerah rawan, perayaan Natal masih dibayangi munculnya aksi kekerasan, tapi di Pamekasan tenang-tenang saja.
Lebih Menyatu Pakai Injil Bahasa Madura Alkitab dan khotbah yang digunakan di gereja itu menggunakan bahasa Madura. Sejak berdiri 27 Juli 1882, pendeta dan jemaat gereja ini memang menggunakan bahasa Madura.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home