Edisi Desember 2008

No. 25 Tahun III



KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP / Kompas Images
Sebagian besar wilayah Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Kamis (11/12), dilanda banjir akibat luapan Sungai Kamuning setelah diguyur hujan lebat. Akibatnya, jalan menuju enam kecamatan di bagian utara Sampang terganggu



Cover Story

Usai Kongres Lalu ... ?
Salah satu poin permasalahan yang dirumuskan kongres adalah bahasa Madura harus dipertahankan, dibina dan dikembangkan.
baca selengkapnya

Meredupnya Spirit Literer Bahasa Madura
Pada 15-19 Desember 2008, Kongres I Bahasa Madura akan digelar di Pamekasan. Kegiatan ini merupakan amanat sekaligus tindak lanjut hasil Kongres Kebudayaan Madura pada Maret 2007. Ekspektasi cukup besar diberikan masyarakat, terutama pemerhati bahasa dan budaya Madura, pada event yanng pertama kali digelar di Pulau Garam itu mengingat sudah mulai menghilangnya kesadaran berbahasa Madura dalam kehidupan sosial keseharian komunitas Madura.
baca selengkapnya

Rekomendasi Kongres I Bahasa Madura
di Pamekasan

KONGRES I Bahasa Madura yang digelar 15 sampai 19 Desember 2008 telah menghasilkan beberapa rumusan.
baca selengkapnya

Mengurai Kearifan Lokal Orang Madura
Dua kabupatennya, Bangkalan dan Sampang, hingga Januari 2009 menjadi 'medan pertempuran' terakhir bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (KaJi) dan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).
baca selengkapnya

Gelisah Atas Masa Depan Madura
Kalangan seniman-sastrawan Sumenep gelisah terhadap kelangsungan Bahasa Madura (BM). Pasalnya, kaum muda dari dulu hingga kini tidak begitu peduli BM hidup atau mati. Mengapa?
baca selengkapnya

Quo Vadis Penyelamatan Bahasa Nadura
Setelah pada tahun 2007, Masyarakat Madura berhasil menggelar Kongres Kebudayaan Madura dengan beberapa rekomendasi yang telah berhasil dilahirkan, tahun ini para tokoh Madura bermaksud menggelar Kongres Bahasa Madura.
baca selengkapnya

Madura dan Mahkamah Konstitusi
MAHKAMAH Konstitusi (MK) mengulang preseden yang pernah dibuat Mahkamah Agung (MA) dalam memutus sengketa pemilu kepala daerah (pilkada), yakni memerintahkan pemungutan suara ulang meski hanya di beberapa tempat.
baca selengkapnya

Di Madura Semburan Lumpur Mirip Lapindo
Telah Jadi Gunung

Hanya saja bedanya, lumpur yang menyembur tidak terasa panas dan volumenya tidak sederas yang mengucur dari sekitar lokasi sumur pengeboran Lapindo Brantas Inc di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo.
baca selengkapnya



Kabar Terkini

Kabar Peristiwa
Terbaik Dalam Tingkatan Produksi Beras Penghargaan yang diterima Kamis (18/12), karena Pamekasan dinilai sebagai Daerah Terbaik dalam gerakan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN).
Anak Hartono Ditangguhkan Penangguhan penahanan terhadap Rudi Chandra dinilai praktisi hukum sebagai hal yang wajar, namun proses hukum harus tetap jalan.
Sajikan Gamelan dan Makanan Madura Pelaksanaan Kongres I Bahasa Madura yang digelar di Pamekasan tadi malam pukul 19.00 dimulai.
Kongres I Bahasa Madura Kongres I Bahasa Madura yang akan digelar di Pamekasan, Madura, 15 hingga 19 Desember 2008 mendatang, tak hanya dihadiri para tokoh dan budayawan regional dan nasional, tapi juga akan dihadiri pemerhati budaya Madura dari Jepang.
Anak Jendral (pur) Hartono Satu Sel Dengan Preman Eko bersikukuh bahwa hasil pemeriksaan saksi-saksi cukup menguatkan adanya pelanggaran pidana yang dilakukan Rudi sehingga mengharuskannya untuk menahan.
Sampang dan Pamekasan Kebanjiran Hujan deras yang mengguyur Madura selama sehari semalam, menyebabkan ribuan rumah di empat desa dan tiga kelurahan di Kabupaten Sampang terendam air, Kamis (11/12).
Pamekasan Akan Gelar Malam Investasi Bekerjasama dengan Event Organizer (EO) Satubasa Communication Surabaya, acara itu akan digelar di Isyana Ball Room Hotel Bumi Surabaya, 21 Januari 2009 mendatang.
Teror Sumpah Anak Jendral Amin menambahkan, sumpah dengan Quran itu dimaksudkan agar penganiayaan oleh Rudi dianggap sebagai sebuah pelajaran.
Hari Ini Anak R Hartono Ditahan Rudi Chandra, bos SPBU yang juga anak mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) era Soeharto Jenderal TNI (Purn) R. Hartono, resmi jadi tersangka penganiayaan karyawannya, M Al Amin (19).
Puncak Mudik Diperkirakan sekitar 40.000 warga Madura tinggal di Surabaya akan menyeberang ke Pulau Madura.
Motifnya Cemburu Pembunuhan Pelawak Madura Pelakunya Jamik, 45, warga Dusun Dan-Dan, Desa Pragaan Daya, Kecamatan Pragaan, Sumenep, ditangkap anggota reserse Polsek Pragaan, Minggu malam sekitar pukul 12.00 WIB di rumahnya di Dusun Dandan.
Aliansi Petani Sumenep Datangi Gudang Pupuk Sebanyak lima orang yang mengatasnamakan Aliansi Petani Sumenep, Madura, mendatangi gudang penyangga (penyimpanan pupuk urea) milik PT Kaltim di Desa Marengan Laok, Kecamatan Kota, Sumenep, Rabu (3/12).
Kasatker Suramadu Khawatir Jembatan Digerogoti Sebab, sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian orang Madura "suka" besi.
Selesai Lebih Cepat Dari Prediksi Jembatan yang akan menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura (Suramadu) dipastikan segera selesai.
Gubernur Harus Banyak Beramal dan Mengabdi Khofifah datang ke rumah M Noer pukul 11.00 WIB. Ia didampingi calon wakilnya, Mudjiono serta Ketua Ikatan Keluarga Madura (Ikamra), Ali Badri Zaini.
UKM Madura Dalam Jatim Fair Tak ketinggalan UKM-UKM yang berasal dari Madura juga terlibat dalam acara yang diklaim sebagai pameran terbesar potensi lokal di kawasan Indonesia timur itu.

Kabar Politik & Hukum
Coblosan Ulang 21 Januari 2009 Saat jumpa pers kemarin siang, KPUD memastikan bahwa coblosan ulang digelar pada 21 Januari 2009.
Saling Serang Tim cagub-cawagub Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) menemukan adanya black campaign yang dilakukan oleh tim cagub-cawagub Khofifah Indarparawans-MudJiono (KaJi).
Warga Madura Jangan Mau Diadu Doba “Seluruh warga NU Jatim khususnya di Madura, hendaknya mewaspadai upaya-upaya sistematis yang ingin membalik opini masyarakat dengan menyalahkan Mahkamah Konstitusi dan membenarkan kecurangan, mulai dari wacana, gerakan sampai demo,” kata Hasyim dalam siaran persnya.
GEMPA Bangkalan Demo Tolak Pilgub Ulang Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa dan Pemuda (Gempa) Bangkalan, melakukan unjuk rasa ke KPU Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Surabaya, Jumat (12/12).
Pejabat Dinas Pendidikan Ditahan Seperti prediksi awal, tersangka baru yang ditetapkan langsung mengarah pada A. Nawawi, kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Pamekasan.
Anak Jendral (pur) Hartono Diadukan Sekap Pegawai Rudi Chandra, anak Jenderal (purn) R Hartono-mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dilaporkan ke Polsek Mulyorejo atas dugaan penyekapan terhadap M Al Amin, karyawan SPBU Jalan Gentengkali milik Rudi, Kamis malam (4/12).
Madura Siaga Satu Penetapan siaga satu itu karena secara umum yang terlibat sengketa Pilgub Jatim, mayoritas berada di Madura.
Suhu Politik di Madura Naik Pasca putusan Mahkamah Konstitusi yang memerintahkan perhitungan dan pemilihan ulang diprediksi akan memancing eskalasi suhu politik di tiga kabupaten Madura.
Lain Bangkalan Lain Sampang Warga masyarakat di kota Bangkalan ternyata banyak yang tak tahu tentang akan adanya pilgub ulang.
Mantan Kepala Dinas Koperasi Tersangka Yakni, DSR, mantan kadis koperasi dan UKM dan MKD, mantan kasubdin usaha pinjam (USP) dinas koperasi dan UKM.
Penimbun Pupuk Ditangkap Akhirnya, ia ditangkap jajaran Polres Sampang, dengan sangkaan melakukan tindak pidana penimbunan pupuk bersubsidi.
Mantan Bupati Diperiksa Kemarin tim penyidik memeriksa mantan Bupati Pamekasan Ach. Syafii. Bekas orang nomor satu di Pemkab Pamekasan itu diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi pendukung.

Kabar Humaniora
Pengusaha Kulit Ular di Bangkalan Usaha yang digeluti Hidayat tergolong berisiko. Dia menjadi pengepul ular besar dari berbagai daerah.
Damai Natal di Madura Di daerah rawan, perayaan Natal masih dibayangi munculnya aksi kekerasan, tapi di Pamekasan tenang-tenang saja.
Lebih Menyatu Pakai Injil Bahasa Madura Alkitab dan khotbah yang digunakan di gereja itu menggunakan bahasa Madura. Sejak berdiri 27 Juli 1882, pendeta dan jemaat gereja ini memang menggunakan bahasa Madura.
Ajala Sotra Coba Seragamkam Ejaan Bahasa Madura Kelompok Kajian Bahasa dan Sastra Madura Ajala Sotra di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, akan menggelar forum bersama yang khusus membahas ejaan Bahasa Madura, dengan melibatkan semua elemen masyarakat Madura, Februari 2009.
Kecewa Kongres Bahasa Madura Menurut Wakil Ketua Tim Nabara Nurul Hamzah, kongres merupakan keputusan tertinggi untuk menetapkan ejaan yang disempurnakan (EYD).
Dam Samiran Hampir setiap hari pasangan muda-mudi datang ke tempat itu. Kebanyakan para pelajar berseragam dan mahasiswa.
Peserta Kontes Kecantikan Telanjang Tak ada yang marah, karena mereka memang hanya seekor sapi betina.
Wayang Madura Berkembang di Pamekasan Kelompok karawitan ini mulai melakonkan wayang dengan dalang berbahasa Madura.
Ter-ater Untuk Famuli Guru Ngaji dan Kiai Hilir mudik kaum perempuan desa, baik tua, muda, bahkan hingga anak-anak, membawa makanan ke rumah-rumah warga, menjadi pemandangan yang dominan di desa kecil yang hanya berpenduduk 785 orang itu.
Di Sumenep Penjual Bunga Laris Manis Ramainya pembeli bunga untuk ziarah juga dapat dijumpai di Komplek Makam Raja-raja di Pemakaman Asta Tinggi, Kebon Agung dan Pemakaman Umum Jeruk Purut, Pamolokan.
Malang Areh Bayi di Pamekasan Namun, bagi warga Kecamatan Kadur tradisi malang areh tetap dilestarikan.
Tradisi Cahe di Goa Mandalia Warga setempat meyakini goa itu adalah tempat pertapaan sesepuh desa.
Di Madura Ternyata Ada Wayang Tak heran, dia langsung tertarik meneliti asal-usul keberadaan wayang kulit di Madura yang konon datang dari Jawa sejak 200 tahun silam.
Seniman Sumenep Raih Cak Durasim Award Tidak ketinggalan, ajang penganugerahan Cak Durasim Award yang diberikan kepada seniman Madura, Taufikkurachman di Gedung Cak Durasim.
Madura Surganya Lelaki Sudah sejak lama jamu-jamuan ramuan Madura dipercaya mampu membuat kualitas/kemampuan hubungan intim menjadi lebih hot, lebih sehat dan bergairah.
Waduk Kalampis di Desa Kramat Kadungdung Siapa pun pasti takjub ketika berkunjung ke area wisata Waduk Klampis yang terletak di Dusun Dal-baddung, Desa Kramat, Kecamatan Kadungdung.
Sastra Madura Terancam Terpinggirkan D. Zawawi Imron menyatakan, kepedulian terhadap sastra dan Bahasa Madura adalah tanggung jawab semua.

kritik & saran
iskzkarnain@yahoo.co.id

0 Comments:

Post a Comment

<< Home